Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Mahalnya harga telur di sejumlah pasar tradisional, sudah terjadi sejak di tingkat peternak ayam petelur. Foto: Agus Bondan
Penggunaan Antibiotik Dilarang, Jumlah Produksi Telur Menurun
Kamis, 12-07-2018 | 03:20 wib
Oleh : Agus Bondan,Muhammad Imron Danu
Berita Video : Penggunaan Antibiotik Dilarang, Jumlah Produksi Telur Menurun
Tulungagung pojokpitu.com, Sejumlah peternak ayam petelur di Kabupaten Tulungagung, mengaku hasil produksi telur menurun hingga 40 persen. Adanya larangan penggunaan antibiotik AGP dalam pakan ayam, menjadi salah satu penyebabnya.

Mahalnya harga telur di sejumlah pasar tradisional, sudah terjadi sejak di tingkat peternak ayam petelur. Peternak di Desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung,Rudiani, menuturkan, kenaikan harga ini mulai terjadi setelah lebaran.

"Saat ini harga telur di tingkat peternak mencapai Rp 23 ribu per kilogram. Sedangkan di pasaran harga telur menembus hingga Rp 27 ribu perkilogram," jelas Rudiani.

Kenaikan harga telur ini, dipicu oleh kondisi ayam yang kurang sehat, sehingga mengakibatkan hasil produksi telur menurun hingga 40 persen. Pelarangan penggunaan antibiotik AGP dalam pakan ayam sejak bulan Januari lalu, berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ayam petelur.

Untuk tetap menghasilkan telur, para peternak menambahkan beberapa tambahan pakan, seperti tepung bawang dan kunyit, yang membuat biaya perawatan juga ikut naik. Para peternak berharap pemerintah bisa mencarikan pengganti antibiotik AGP, dengan harga murah dan cocok bagi ayam.

"Jika kondisi ayam bisa sehat dan jumlah produksi telur stabil, peternak memperkirakan harga telur di pasaran akan berangsur turun, dan kembali normal," imbuh Rudiani.

Harga telur dibeberapa pasar tradisional kini, menembus hingga Rp 27 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini merupakan yang tertinggi, sejak lima tahun terakhir. (yos)

Berita Terkait


Awal Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok Melonjak Naik

Harga Daging Ayam Mahal, Peternak Keluhkan Cuaca Ektrim

Cuaca Buruk, Ikan Laut Di Pasaran Langka

Bulog Subdivre Malang Launching Ketersediaan Beras Dan Stabilisasi Harga


Pasar Murah, Tekan Harga Kebutuhan Pokok

Redam Laju Inflasi, BI Terus Pantau Pergerakan Harga Kebutuhan Pokok

Awal Ramadhan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik

Jelang Puasa, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber