Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Dispendik Surabaya Enggan Tanggapi Protes Guru SMP Swasta
Rabu, 11-07-2018 | 19:31 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Protes SMP swasta lantaran tidak mendapatkan murid akibat SMP Negeri menerima seluruh pendaftar mitra warga ditanggapi dingin oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Bahkan, Kepala Dinas Pendidikan Ikhsan, tidak merespon ketika dihubungi oleh wartawan.

Sejatinya, protes tersebut tidak hanya dilakukan oleh SMP swasta. Sebab, SMP negeri pun sebenarnya terpaksa harus menerima seluruh pendaftar dari jalur mitra warga, tanpa harus menggunakan kuota 5 persen, seperti PPDB tahun-tahun sebelumnya. Meskipun kuota jalur reguler tidak terganggu, namun menerima seluruh pendaftar dari jalur mitra warga berarti harus siap menanggung konsekuensi. Salah satunya, harus menyesuaikan pengajaran antara siswa dari jalur reguler dan mitra warga.

Sebagai contoh, SMP Negeri 19 yang merupakan sekolah kawasan menerima 72 siswa dari jalur mitra warga. SMP Negeri 39 menerima 68 siswa jalur mitra warga. SMP Negeri 23 menerima 115 siswa dari jalur mitra warga. Yang paling parah, SMP Negeri 29 menerima 300 siswa dari jalur mitra warga.

Banyaknya siswa diterima dari jalur mitra warga secara langsung berdampak pada berkurangnya siswa yang mendaftar di SMP swasta. tapi juga berdampak pada para guru SMP negeri untuk menyesuaikan dan mencari solusi pengajaran agar siswa dari jalur mitra warga mampu mengejar ketertinggalan pelajaran, sehingga bagi tenaga pengajar SMP negeri. Kuota mitra warga yang semula hanya 5 persen atau berkisar di angka 10-20 siswa saja, menjadi cukup membebani.

Menanggapi hal itu, Kabid Dikmen Dispendik Surabaya, Sudarminto melempar tanggung jawab ke Kepala Dinas dan merasa bukan wewenangnya untuk berkomentar. Namun menurutnya, menerima seluruh pendaftar dari jalur mitra warga bukan sepenuhnya perintah Dinas Pendidikan, justru dari Pemerintah Kota.(end)




Berita Terkait


Dispendik Surabaya Enggan Tanggapi Protes Guru SMP Swasta

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua