Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kontrak Pengerjaan Habis, Underpass Senilai Rp 70 M Kembali Mangkrak
Rabu, 11-07-2018 | 19:19 wib
Oleh : Budi Prakoso
Surabaya pojokpitu.com, Pembangunan proyek underpass di Bundaran Satelit Kota Surabaya kembali mangkrak, setelah kontrak pengerjaan dengan PT PP Property pada bulan Februari 2018 dinyatakan habis. Meski overpass yang menghubungkan antara Ngesong dengan Tol Mayjend Sungkono sudah rampung 100 persen, namun belum dioperasionalkan lantaran penyelesaian underpass masih mangkrak. Terlebih, proyek senilai Rp 70 milliar ini tak lagi ada pendanaan.

Proyek jalan untuk mengurai kemacetan di kawasan Bundaran Mayjen Sungkono yang dikerjakan pada awal tahun 2016 ini kembali mangkrak sejak Maret lalu. Diketahui, ini bukan proyek Pemerintah Kota Surabaya, namun gabungan pengembang di Surabaya Barat yang tergabung dalam DPD REI Jawa Timur urunan untuk menyumbang jalan guna mengatasi kemacetan.

Ketua DPD REI Jawa Timur, Danny Wachid, mengatakan, kontrak antara DPD REI dengan PT PP Property, selaku penggarap proyek, sudah selesai sejak bulan Februari 2018 lalu. Terlepas dari habisnya masa kontrak saat ini, anggaran pun untuk melanjutkan pengerjaan, belum ada. Pasalnya, pekerjaan menggunakan anggaran gabungan dari para pengembang.

"Terlebih, mekanisme yang dijalankan pengembang dalam urunan proyek ini adalah urunan by progress, dimana pengembang membayarkan urunan sesuai progress pengerjaan proyek. Untuk kelanjutan proyek itu pengembang ingin bertemu dengan Pemkot, terkait komitmen penyelesaian jalan," kata Danny Wachid.

Danny menambahkan, ada hal yang dianggap kurang jelas terkait komitmen antara Pemkot dan pengembang dalam kesepatakan pembangunan ingfrastruktur jalan ini. Dikatakan Danny, pengembang memang sudah beberapa kali bertemu dengan pejabat Pemkot, namun tidak langsung dengan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang berlaku sebagai pemegang keputusan, sehingga titik temu pun untuk kelanjutan pengerjaan proyek ini masih belum jelas.(end)



Berita Terkait


Kontrak Pengerjaan Habis, Underpass Senilai Rp 70 M Kembali Mangkrak

Polisi Olah TKP Longsor Parimeter Selatan Menuju Bandara

DPD REI Jatim Bantah Pengusaha Tak Urunan Underpass Satelit

Sudah MoU, Pemkot Tak Biayai Underpass Satelit


Minim Dana, Proyek Underpass Bundaran Satelit Terancam Berhenti Total

Satu Korban Runtuhan Longsor Underpass Bandara Soetta Dirawat di RS Siloam

Medan Longsor Menyulitkan Proses Evakuasi Underpass Bandara Soetta

Risma Minta Underpass Satelit Tuntas 10 November
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber