Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Memasuki hari keketujuh pendaftaran Calon Pemilihan Legeslatif (Caleg) untuk pemilihan umum tahun 2019, belum ada satu pun pendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban yang masuk. Foto: Khusni Mubarok
Pendaftaran Caleg di Kabupaten Tuban Masih Sepi
Selasa, 10-07-2018 | 12:38 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Memasuki hari keketujuh pendaftaran Calon Pemilihan Legeslatif (Caleg) untuk pemilihan umum tahun 2019, belum ada satu pun pendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban yang masuk. Sejak pendaftaran dibuka 4 Juli 2018 lalu, mayoritas para pendaftar masih melakukan konsultasi dan melengkapi berkas-berkas persyaratan yang diperlukan untuk maju sebagai wakil rakyat.

Saat ini para bakal caleg masih sibuk mengurus persyaratan mutlak, yang harus dilengkapi oleh Bakal Caleg (Bacaleg) yang mendaftar di KPU Tuban. Apabila pendaftar belum melengkapi dokumen yang disyaratkan, maka bakal caleg harus memenuhi persyaratan sampai batas yang ditentukan.

Pendaftaran Caleg ini sendiri, akan ditutup tanggal 16 juli 2018 mendatang. Setelah itu, KPU akan langsung melakukan verifikasi dokumen, apabila dokumen Bacaleg persyaratannya lengkap maka akan dinyatakan lolos verifiaksi, namun apabila dinyatakan kurang maka akan dikembalikan.

Salah satu pendaftar, Eko, mengaku dokumen persyaratan untuk menjadi Caleg, tidak dapat diurus hanya satu atau dua hari. Sehingga dimungkinkan pendaftar, akan membludak mendekati penutupan pendaftran Caleg.

Sementara itu, devisi teknis KPU, Salamun, menuturkan, meski belum ada pendaftar, petugas KPU Tuban setiap hari selalu standby di kantor untuk melayani konsultasi dari para pendaftar.

"Kita berharap, jika para pendaftar sudah melengkapi berkasnya, segera datang ke KPU untuk segera diproses. Sehingga tidak terjadi penumpukan saat hari terakhir," ujarnya.

Salamun menambahkan, mengingat biasanya para pendaftar, memilih hari terakhir untuk menyerahkan berkas pendaftaran. (yos)

Berita Terkait


Dapil Hangus, DPC PBB Ngawi Gugat KPU

Tidak Lolos Verifikasi, 65 Bakal Caleg Dicoret KPU

Bacaleg Dicoret KPU, Parpol Berpotensi Menggugat

KPU Madiun Coret 10 Bacaleg, 5 Mantan Napi Lolos


PDIP Jombang Mulai Jaring Pendaftaran Caleg 2019

Targetkan 150 Pendaftar, PAN Resmi Buka Pendaftaran Caleg

Nasdem Jatim Buka Pendaftaran Caleg Tanpa Mahar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber