Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Susu Kental Manis, Aman Jika Dikonsumsi Dengan Makanan Kaya Protein
Selasa, 10-07-2018 | 08:13 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Polemik susu kental manis yang dianggap berbahaya bagi balita ditanggapi oleh ahli gizi RSUD Dr Soetomo Surabaya. Kandungan gizi yang minim, dinilai susu kental manis berbahaya bagi balita, namun masih bisa dikonsumsi asalkan disajikan dengan padanan yang pas.

Eko Dwi Martini, ahli gizi RSUD Dr Soetomo Surabaya menyebutkan, susu kental manis sejatinya tidak memiliki kandungan gizi yang seimbang dan hanya didominasi oleh gula sebanyak 60 persen. "Besarnya prosentase gula atau karbohidrat yang ada di susu kental manis dikhawatirkan akan berdampak buruk jika dikonsumsi oleh balita, dalam takaran tidak pas. Sebab umumnya, masyarakat awam enggan membaca komposisi produk yang sudah tertera di kemasan," katanya.

Ini mengakibatkan balita rentan mengalami penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes melitus, dan ginjal, saat dewasa, sebab kandungan gizinya tidak sepadan dengan yang dianjurkan, tambahnya.

Eko menyebut, dalam 40 mililiter susu kental manis yang memiliki 130 kalori terdapat lemak sebanyak 35 gram, karbohidrat 23 gram, dan protein hanya 1 gram. Padahal, balita sangat membutuhkan 3-4 gram protein perkilogram berat badannya untuk mendukung pertumbuhan otak dan badannya.

Susu kental manis memang mengandung lebih banyak gula dibandingkan zat gizi lain yang dibutuhkan balita. Namun, jika dipadankan dengan makanan kaya protein, serat, vitamin,dan mineral,serta dikonsumsi sesuai takaran produk juga diberikan pada waktu yang tepat, susu kental manis masih dinyatakan aman. Meski begitu, Eko lebih menyarankan penggunaan susu bubuk lebih baik daripada susu kental manis.(end)

Berita Terkait


Kasus Susu Kental Manis Tunggu Hasi Uji Lab

Susu Kental Manis, Aman Jika Dikonsumsi Dengan Makanan Kaya Protein

DKR Ingatkan Bahaya Susu Kental Manis Bagi Anak

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber