Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Opini 

Prediksi Peluang Juara Piala Dunia 2018 : Inggris Terkecil, Belgia Terbesar
Senin, 09-07-2018 | 18:33 wib
Oleh : Machmud Suhermono
pojokpitu.com, Bila melihat trend bahwa juara Piala Dunia, dari masa ke masa, penjaga gawang atau kipernya berasal dari di klub-klub besar atau klub juara, di ajang kompetisi di negara-negara Eropa atau Amerika Latin, maka peluang Inggris sangat kecil atau (berada di urutan keempat semifinalis), untuk menjadi juara Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sebab, kiper utama Inggris, Jordan Pickford bermain untuk klub papan tengah Everton, yang sudah puluhan tahun tidak pernah juara di Liga Inggris. Klub ini, bahkan tidak pernah mencicipi Liga Champion, yang menjadi ajang kontestasi klub-klub elit Eropa.

Urutan ketiga yang memiliki peluang juara adalah Prancis. Sebab, kiper utama Prancis, Hugo Lloris, kini bermain untuk Tottenham Hotspur. Klub ini juga sudah lama tidak pernah juara Liga Inggris, namun sering menembus posisi 5 atau 4 besar saja. Namun tetap prestasinya, lebih baik dari Everton.

Peluang urutan Kedua menjadi juara Piala Dunia 2018, dipegang oleh Kroasia. Kiper Kroasia, Danijel Subasic, bermain untuk klub AS Monaco, Juara Liga 1 Prancis musim 2016/2017. Selain itu pada musim ini, prestasi AS Monaco juga terjaga. Klub ini menjadi runner up, dan juaranya adalah PSG.

Peluang terbesar atau berada di urutan pertama untuk menjadi juara adalah Belgia. Sebab, Kiper Belgia, Thibaut Courtois, yang bermain luar biasa luar biasa dan memulangkan Neymar dkk dari Brazil, kini bermain untuk Chelsea, yang menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2016/2017.

Kenapa juara Piala Dunia, kipernya berasal dari klub-klub besar atau klub juara? Semua itu tidak lepas dari mental tanding dan semangat pantang menyerah. Kiper yang berasal dari klub-klub papan tengah atau papan bawah di ajang kompetisi, mentalnya sudah terbiasa kalah. Bagi mereka, kekalahan dalam sebuah pertandingan bukanlah sesuatu persoalan yang besar dan hanya jadi bagian dari kehidupannya.

Hal itu berbeda dengan kiper dari klub-klub besar atau klub juara. Bagi mereka, kemenangan adalah sesuatu yang wajib diperjuangkan. Dalam ajang kompetisi, kekalahan adalah suatu persoalan yang besar. Mereka akan menanggung dampak dari kekalahannya. Mental juara selalu terpatri dalam jiwanya. Kepercayaan dirinya tinggi, karena bermain di klub besar atau klub juara.   

Benarkah juara Piala Dunia dari masa ke masa, kipernya selalu dari klub-klub besar. Kalau tidak percaya ini buktinya:

Daftar Juara Piala Dunia mulai 1982 hingga 2014

1982: ITALIA, kipernya Dino Zoff (Juventus). Klub ini juara terbanyak Serie A ITALIA. Setelah Juventus, hanya AC Milan yang mampu mengejarnya.

1986: Argentina, kipernya Nery Pumpido (River Plate), klub ini puluhan kali juara di Liga Primera Agrentina dan hanya klub sekota Boca Junior yang mampu menyainginya.
 
1990: Jerman, kipernya Bodo Illgner (Real Madrid). Hampir tidak ada penggemar bola yang tidak mengenal Klub yang 3 tahun terakhir mencatat rekor menjadi juara Champion tiga musim berturut turut ini. Hanya Barcelona yang menjadi seteru abadinya hingga saat ini. Namun kemungkinan kecil Barcelona bisa mengejar rekor Real Madrid yang menjadi juara Champion 3 kali dalam 3 musim.

1994: Brazil, kipernya Claudio Taffarel (Galatasaray). Klub ini, langganan juara Liga di Turki, yang sering lolos Piala Champion Eropa.

1998: Prancis, kipernya Fabian Bartes (MU). Klub ini memang pemegang juara terbanyak di liga Inggris. Namun kini tetangganya Manchester City mulai perkasa dan mengancam singgasana MU. Terbukti Man City menjadi Juara Liga Inggris dan MU hanya menjadi runner up nya.
 
2002: Brazil, kipernya Marcos (Palmeiras) dan Dida (AC Milan), Palmeiras adalah klub papan atas Liga Brazil dan beberapa kali menjadi juara. Sedangkan AC Milan yang diperkuat Dida selama 10 tahun adalah pemegang 7 kali Juara Champion Eropa dan beberapa kali juara Serie A Italia.

2006: Italia, kipernya Gianluigi Buffon (Juventus). Prestasi Buffon sudah tidak bisa diragukan lagi. Apalagi Juventus, klub besar dari Turin, yang sudah lama menguasai Serie A Italia bersama AC Milan.

2010: Spanyol. Kipernya Iker Casillas (Real Madrid). Hampir tidak ada penggemar bola yang tidak mengenal Klub yang 3 tahun terakhir mencatat rekor menjadi juara Champion tiga musim berturut turut ini. Hanya Barcelona yang menjadi seteru abadinya hingga saat ini. Namun kemungkinan kecil Barcelona bisa mengejar rekor Real Madrid yang menjadi juara Champion 3 kali dalam 3 musim

2014: Jerman. Kipernya Manuel Neuer (Bayern Muenchen). Klub ini, sudah puluhan kali juara Liga Jerman dan Juara Champion. Bicara liga Jerman, mustahil tidak membahas Muenchen, yang sering menyumbangkan 70 hingga 80 persen pemainnya untuk Timnas Jerman atau dulu Jerman Barat.

2018: Siapa Juaranya???




Berita Terkait


Prediksi Peluang Juara Piala Dunia 2018 : Inggris Terkecil, Belgia Terbesar


Top Scorer Piala Dunia 2018: Harry Kane Samai Gol James 2014

Perempat Final Piala Dunia 2018: 6 Eropa, 2 Amerika

Inilah Kiat Jepang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2018

Jersey Peserta Piala Dunia 2018 Dijadikan Bendera Korsel
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber