Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

12 SMP di Tulungagung Kekurangan Murid
Senin, 09-07-2018 | 18:26 wib
Oleh : Agus Bondan, Muhammad Imron Danu.
Tulungagung pojokpitu.com, Memasuki tahun ajaran baru 2018, belasan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Tulungagung, kekurangan murid. Sampai dengan jadwal pendaftaran di tutup, jumlah pendaftar di belasan sekolah yang tersebar di wilayah Tulungagung tersebut, belum mencapai pagu. Pihak sekolah pun mengambil kebijakan untuk memperpanjang masa pendaftaran.

Tidak tercapainya pagu di masa pendaftaran tahun ajaran baru tahun 2018, terjadi hampir merata di belasan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Tulungagung. Sampai dengan masa pendaftaran berakhir tanggal 7 Juli lalu, jumlah calon siswa yang mendaftar di belasan sekolah yang mayoritas berada di pinggiran tersebut, belum memenuhi pagu masing-masing sekolah.
 
Dari 12 sekolah yang belum memenuhi pagu, kondisi paling parah dialami oleh SMP Negeri 5 Tulungagung. Dari pagu 320 bangku, yang terbagi menjadi 10 rombongan belajar di sekolah tersebut, hanya terpenuhi sebanyak 207 pendaftar. Dari total 207 pendaftar tersebut, sampai dengan masa daftar ulang tanggal 9 Juli, sudah 95 persen yang telah melakukan daftar ulang.
 
Menurut Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 5 Tulungagung, Maryono, kondisi kekurangan murid di SMPN 5 Tulungagung baru terjadi tahun ini. Di tahun - tahun sebelumnya, pagu di sekolah tersebut selalu terpenuhi.

"Untuk mengatasi persoalan tersebut, sesuai dengan kebijakan Dinas Pendidikan setempat, pihak sekolah memperpanjang masa pendaftaran. Sampai dengan tanggal 14 Juli mendatang, pihak sekolah masih menerima apabila ada pendaftar calon siswa limpahan dari sekolah lain," kata Maryono, Ketua PPDB SMPN 5 Tulungagung.
 
Maryono menambahkan, tidak terpenuhinya pagu ini akan berdampak pada sertifikasi para guru. Dengan berkurangnya rombongan belajar, secara otomatis akan berpengaruh terhadap jam kerja guru. Dalam syarat sertifikasi, seorang guru harus mengajar 24 jam per minggu.(end)
 

 



Berita Terkait


12 SMP di Tulungagung Kekurangan Murid


Kekurangan Murid, Dua Mts Terpaksa Tutup

Biyuh, Puluhan Sekolah Negeri Ini Kekurangan Murid

Kekurangan Murid, Diknas Kabupaten Blitar Akan Gabungkan Sekolah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber