Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Foto istimewa
Ribuan Massa Mantap Kepung Kantor Panwaslu, Selanjutnya Rusuh
Senin, 09-07-2018 | 15:27 wib
Oleh : Rosy Abdillah
Sampang pojokpitu.com, Ribuan massa pendukung salah satu calon kepala daerah Kabupaten Sampang nomor urut 2 Hermanto Subaidi dan Suparto (Mantap), mendatangi kantor Panwaslu setempat. Mereka tidak puas dengan kinerja Panwaslu Sampang yang membiarkan banyak pelanggaran saat pelaksanaan Pilkada.

Pendukung Mantap ini sejak awal sudah tidak puas dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten, yang berlangsung di Gedung BPU Jalan Trunojoyo Kota Sampang, Kamis (5/7) lalu. Saat itu hasil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, menyatakan pasangan Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) unggul dengan meraih suara 257.121 atau 38,0438 persen. Sedangkan, pasangan Hermanto Subaidi-Suparto atau Mantap memperoleh 252.676 suara atau 37,3861 persen. 

Melihat hasil tersebut, Tim Sukses Mantap langsung melakukan gugatan ke Makamah Kontitusi. Sebab disinyalir banyak kecurangan dan pembiaran oleh penyelenggara Pilkada di Sampang.

Puncak ketidakpuasan itu, Senin (09/7) siang ribuan massa mendatangi kantor Panwaslu di Jalan Wijaya Kusuma No.1, Gunung Sekar, Sampang, Banyuanyar. Kedatangan ribuan massa ini bermaksud bertemu dengan Komisoner Panwaslu. Namun massa harus kecewa sebab ketua dan komisoner Panwaslu sudah tidak ada di tempat. Sementara kantor Panwaslu hanya dijaga barikade polisi bersenjatakan lengkap.

Massa tiba-tiba tersulut emosi ini langsung berusaha melempari kantor Panwaslu Sampang dengan batu dan botol plastik. Mendapat ancaman ada perusakan kantor yang menjadi aset milik negara ini, polisi langsung membubarkan massa dengan tembakan gas air mata. Merasa terdesak, massa semburat membubarkan diri. 

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui jumlah korban luka. Beberapa massa tampak mendapat perawatan medis karena terkena lemparan batu dan terjatuh saat lari. (pul)

Berita Terkait


MK Gelar Sidang Perdana Hasil Pilkada Sampang

Ribuan Massa Mantap Kepung Kantor Panwaslu, Selanjutnya Rusuh

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua