Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ratusan warga Desa Dander,Kecamatan Dander, Bojonegoro, tumpah ruah disalah satu tempat keramat di area lokasi wisata tirtawana dander.Masayarakat setempat,menyebutnya sebagai sungai pakis dan sungai gede. Foto: Avrizal Ilmi
Tradisi Manganan, Adat yang Terus Dilestarikan
Sabtu, 07-07-2018 | 23:34 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Di Kabupaten Bojonegoro, ada tradisi yang unik diadakan pada tiap tahunnya, namanya manganan. Disini warga berkumul dengan membawa berbagai makanan atau hasil bumi untuk melakukan ritual sedekah bumi atau biasa dikenal manganan.

Ratusan warga Desa Dander,Kecamatan Dander, Bojonegoro, tumpah ruah disalah satu tempat keramat di area lokasi wisata tirtawana dander.Masayarakat setempat,menyebutnya sebagai sungai pakis dan sungai gede.

Tujuan warga kesini dengan membawa berbagai makanan atau hasil bumi, untuk melakukan ritual sedekah bumi atau biasa dikenal dengan tradisi manganan.

Ritual adat inipun digelar setiap setahun sekali dan sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Dander. Sebelum digelar manganan, makan bersama terlebih dahulu dilakukan ritual di sungai pakis dan sungai gede,kemudian ke makam oro sento sebagai prosesi akhir .

Manganan ini juga dihadiri Budi Irawanto, calon wakil bupati dari pasangan Anna Muawanah. kepada warga Desa Dander, Budi Irwanto,berpesan agar tradisi nyadran atau manganan ini dijaga kelestariannya .

Sementara kepala desa, Kiswoyo,menjelaskan, karena tradisi manganan ini memiliki filosafi dalam tentang kebersamaan dan kegotong-royongan, "Selain itu juga terdapat nilai- nilai luhur tentang budi perkerti,"ujarnya.

Diharapkan dengan tradisi ini, bisa mensyukuri nikmat tuhan yang maha esa dan menyambung silaturahmi yang di percaya desa setempat. (yos)




Berita Terkait


Tradisi Manganan, Adat yang Terus Dilestarikan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber