Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Wahyudi menuturkan, pada bagian ketiga tentang persyaratan bakal calon ayat 7 huruf h, disebutkan yang boleh mencalonkan diri bukan berstatus mantan terpidana sebagai bandar narkoba, terpidana kasus kejahatan seksual terhadap anak atau terpidana kasus korupsi. Foto: Tova Pradana
Bandar Narkoba dan Pelaku Kejahatan Seksual Tak Bisa Daftar Pileg
Kamis, 05-07-2018 | 05:10 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Sejumlah aturan baru akan diterapakan pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun. Mantan terpidana sebagai bandar narkoba dan kasus kejahatan seksual terhadap anak, dipastikan tidak dapat mendaftarkan dirinya.

Hal tersebut diungkapakan ketua KPU Kabupaten Madiun, Wahyudi kepada wartawan di kantor KPU setempat. Menurutnya hal tersebut merujuk pada Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,Kota dalam pemilu 2019.

Wahyudi menuturkan, pada bagian ketiga tentang persyaratan bakal calon ayat 7 huruf h,  disebutkan yang boleh mencalonkan diri bukan berstatus mantan terpidana sebagai bandar narkoba, terpidana kasus kejahatan seksual terhadap anak atau terpidana kasus korupsi.

Nama-nama pendaftar yang diusulkan oleh partai politik nantinya akan di cek  melalui  Pengadilan Negeri (PN), pendaftar yang terlibat kasus korupsi, harus dipastikan kasusnya sudah inkcraht.

"Apabila belum inkcraht maka tidak diperbolehkan mendaftar, sedangkan caleg mantan terpidana  kasus narkoba, masih bisa mendaftar selama tidak berperan atau berstatus sebagai bandar narkoba," ujar Wahyudi.

Pendaftaran caleg sudah dibuka mulai 4 hingga 17 Juli 2018, partai politik nantinya akan mendaftarkan para bacalegnya untuk 7 dapil yang tersebar di Kabupaten Madiun. (yos)

Berita Terkait


Long March Puluhan Mahasiswa Tolak Caleg Koruptor

Ingin Tekan Angka Golput, Arek-Arek Suroboyo Ciptakan Aplikasi Calegri

Jadi Caleg, 1 Sekdin dan 2 Kepala Desa Resmi Mundur

MA Kabulkan Mantan Koruptor Nyaleg


Long March Puluhan Mahasiswa Tolak Caleg Koruptor

Ingin Tekan Angka Golput, Arek-Arek Suroboyo Ciptakan Aplikasi Calegri

Bawaslu Temukan Baliho Caleg Langgar Aturan

Resmi, 12 Politisi Tersangka Korupsi Masih Terjatat Jadi Caleg
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber