Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Sehat Dengan Olah Raga Zumba
Rabu, 20-05-2015 | 09:21 wib
Oleh : Nova Sari
Surabaya pojokpitu.com, Gerakan menari tanpa kita sadari merupakan bagian dari olah gerak tubuh. Salah satunya olah raga zumba, yang kini mulai digemari kaum hawa di kota Surabaya.

Olah raga yang berasal dari Amerika Latin ini, memang tak sekedar olahraga biasa. Bagi orang awam, sekilas gerakannya mirip dengan tarian modern. Karena baik musik maupun gerakannya, tidak ada pakem khusus. Yang penting tubuh enjoy mengikuti irama musik yang ada.
 
Menurut Wulan, instruktur zumba di Atlas, gerakan zumba memang relatif cepat dan ritmik. Bagi pemula, memang terkadang kesulitan mengikuti gerakannya. Ketika tubuh bisa enjoy dengan irama musik, maka secara refleks akan mengikuti gerakan yang diajarkan oleh instruktur zumba.
 
Pola dasar zumba adalah pesta, dimana olah raga yang dipadukan dengan gerakan dansa. Jika diperhatikan, gerakan zumba fitness ini mirip gerakan-gerakan dansa gaya latin yang diiringi musik dengan tempo yang lebih upbeat.. 

"Irama akan membantu gerakan-gerakan ini memaksimalkan fungsinya pada tubuh. Gerakannya diantaranya cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco yang seksi," jelas Wulan.

Sementara musik yang digunakan diantaranya hiphop, musik latin, dan sebagainya. Tiap gerakan mengikuti satu putaran lagu. Biasanya dalam satu kali latihan zumba, disiapkan 12 track lagu untuk durasi satu jam.
 
Olah raga yang diciptakan oleh Alberto Perez, seorang instruktur aerobik dari columbia tahun 1990 cepat membakar kalori. Dalam sekali olah raga, kalori yang terbakar bisa 1000 kalori.
 
Wulan menambahkan, berbagai gerakan zumba yang seru ini tergolong aman dilakukan oleh semua orang dari segala umur, mulai usia 4 - 80 tahun. Secara umum, ada tiga jenis zumba fitness yang dibagi berdasarkan tingkatan usia. Untuk tingkatan remaja sampai dewasa bisa melakukan gerakan zumba fitness. sedangkan untuk usia lanjut disarankan untuk mengikuti kelas zumba gold.

"Gerakan zumba gold dansanya dirancang untuk menguatkan tulang serta berfokus pada kelenturan tubuh. Sedangkan anak-anak usia 4-12 tahun bisa mengikuti kelas zumbatomic. Gerakan zumba dalam kelas ini difokuskan pada gerakan seluruh tubuh yang dilakukan dengan lebih santai dan khas anak-anak. Zumbatomic juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kelenturan, serta daya konsentrasi anak untuk mengingat semua gerakan dansanya," ungkapnya.(ern)

Berita Terkait


Sehat Dengan Olah Raga Zumba


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber