Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Kacang Kedelai dan Kaitannya dengan Kesehatan Pria
Minggu, 01-07-2018 | 04:16 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Beberapa ahli diet dan ilmuwan memuji kacang kedelai rendah merupakan komposisi vegan-friendly, bebas lemak dan kaya protein. Namun, peniliti lain berpendapat bahwa kacang kedelai menghambat hormon reproduksi laki-laki.

Ketika menyangkut pria dan kedelai, mayoritas masalah yang diduga terjadi adalah seputar fungsi seksual dan hormon seks.

Studi tahun 2011 meneliti efek kedelai pada seorang pria berusia 19 tahun yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar sebagai bagian dari pola makan vegan.

Setelah analisis yang cermat, konsumsi kedelainya dikaitkan dengan DE dan hiposeksualitas. Tingkat testosteronnya juga turun drastis.

Namun, seperti dikemukakan oleh ahli nutrisi Harley Street, Rhiannon Lambert, penelitian ini dilakukan hanya dengan satu peserta yang juga merupakan diabetes tipe satu dan oleh karena itu mungkin ada faktor tambahan memengaruhi hasilnya.

"Kami tidak mungkin menerapkan kesimpulan satu studi berdasarkan satu laki-laki saja," kata Lambert, seperti dilansir laman Independent.

Ahli gizi Nichola Ludlam Raine mengatakan, salah satu kesalahpahaman umum seputar kedelai adalah bahwa hal itu menyebabkan ketidakseimbangan hormon testosterone and meningkatkan produksi hormon oestrogen.

Baik Lambert dan Ludlam-Raine menganjurkan konsumsi kedelai sebagai bagian dari diet yang sehat, terutama bagi mereka yang mengikuti rencana berbasis tanaman.

"Konsumsi produk kedelai yang teratur dan moderat juga bisa mengurangi kadar kolesterol sebagaimana terbukti dalam banyak penelitian," jelas seorang juru bicara untuk British Dietetic Association.

Minuman kedelai sebagai alternatif susu tidak diragukan lagi merupakan pilihan bebas susu terbaik jika Anda vegan, karena memiliki tingkat protein yang jauh lebih tinggi daripada alternatif seperti kacang atau minuman beras yang dipasarkan sebagai alternatif susu.

Kacang kedelai juga bisa memberikan kontribusi untuk asupan serat Anda.

"Kedelai adalah sumber protein lengkap yang membuatnya ideal bagi pria yang mengikuti diet vegetarian atau vegan," pungkas Ludlam-Raine.(fny/jpnn/yos)




Berita Terkait


Kacang Kedelai dan Kaitannya dengan Kesehatan Pria

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber