Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Opini 

Achmad Hidayat Pengamat Kebijakan Publik
Pemprov Setengah Hati Menyelenggarakan Pendidikan Bagi Warga Miskin
Jum'at, 29-06-2018 | 15:00 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Achmad Hidayat Pengamat Kebijakan Publik, menilai Pemprov Jawa Timur setengah hati dalam memberikan proteksi dan jaminan bagi warga Jatim yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah kejuruan.

Setelah Berlakunya UU Nomor 23 tahum 2014 tentang pemerintahan Daerah dimana SMA / SMK dikelola Pemerintah Provinsi membawa dampak yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan di beberapa wilayah.

Contohnya Kota Surabaya dan Blitar , dahulu saat di Surabaya ada namanya Program Mitra Warga yang diatur dalam Perda Kota Surabaya Nomor 16 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Dimana setiap satuan Pendidikan baik Negeri maupun swasta wajib menyediakan kuota 20 % dari total pagu untuk warga tidak mampu. Yang termasuk dalam peserta mitra warga biaya operasional pendidikan bahkan personal dibebaskan (Full Coverage).

Dua tahun penyelenggaraan Pendidikan SMA / SMK oleh Dinas Pendidikan Prov Jawa Timur masih menyisakan beberapa persoalan , pada tahun 2017 disahkan Perda No 11 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Oleh Pemprov Jatim belum detil mengatur pembebasan dan Jaminan biaya bagi warga tidak mampu.

Bila kita lihat bersama pasal 13 huruf F dimana warga Tidak mampu bisa mendapatkan pembebasan biaya. Namun belum diatur berapa kuota dalam satuan pendidikan , mekanisme mendapatkan biaya gratis , jaminan di SMA/SMK Negeri maupun swasta serta kemana bisa melaporkan apabila tidak mendapatkan hak-nya sebagai warga masyarakat.

Hal ini perlu diperhatikan bersama sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan di Jawa Timur. Saya juga berharap Pemprov Jawa Timur sesegera mungkin memberikan jaminan kepada warga tidak mampu yang menempuh pendidikan di jenjang menengah kejuruan baik di negeri maupun swasta.

Berita Terkait


Pindah Terganjal Korupsi, Pelajar SMPN 1 Mantingan Menderita

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Diknas Pasuruan Akan Terapkan Kurikulum Anti Korupsi

Gunakan Sepeda Motor Plat Merah Untuk Konvoi, Seorang Pelajar SMK Diamankan

Pemprov Akan Memberikan Kuota 5 Persen Untuk Warga Tidak Mampu Masuk SMA Negeri


Gubernur Jatim Pimpin Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019

Coblosan dI TPS 38 Manukan Kulon, Sebuah Pendidikan Politik Praktis

Dinas Pendidikan Jatim Perbaiki Kurikulum Magang SMK

Oknum Guru Lecehkan Siswa, Dinas Pendidikan Jatim Serahkan ke Kepolisian

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber