Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Dorong UMKM Naik Kelas Presiden Jokowi Luncurkan PPH Final
Jum'at, 22-06-2018 | 16:50 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Presiden Joko Widodo meluncurkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 23 tahun 2018, tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atas wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu sebagai pengganti atas Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2013. Penurunan tarif final dari 1 persen menjadi 0,5 persen ini, sebagai langkah pemerintah dalam untuk menaikkan kelas pelaku UMKM serta meningkatkan ketahanan ekonomi indonesia.

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan aturan penurunan tarif pajak penghasilan final bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Jumat pagi tadi, di Gedung JX Internasional (Jatim Expo) Surabaya. 

Penurunan tarif PPH final ini  dari 1 persen menjadi 0,5 persen yang wajib dibayar pelaku UMKM dalam setiap bulannya, yang diberlakukan secara efektif per 1 Juli 2018.

Penurunan PPH final ini diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 23 tahun 2018, sebagai Pengganti Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2013. Penurunan PPH final bagi pelaku UMKM.  

Selain meresmikan peluncuran aturan penurunan tarif pajak penghasilan final menjadi 0,5 persen, Presiden Joko Widodo dalam kesempatan ini juga mendengarkan keluh kesah sekitar 2000 peserta pelaku UMKM dari seluruh wilayah Jawa Timur. Rata - rata para pelaku UMKM di daerah mengeluhkan sulitnya mendapat kucuran kredit usaha rakyat (KUR) dari bank.

Diharapkan dengan diberlakukan kebijakan yang meringankan ini, pelaku UMKM bisa lebih aktif dalam kegiatan ekonomi formal. Dengan beban pajak yang lebih ringan pelaku UMKM memiliki kemampuan ekonomi yang lebih besar untuk mengembangkan usaha dan melakukan investasi, agar UMKM bisa naik kelas.(end)



Berita Terkait


Dorong UMKM Naik Kelas Presiden Jokowi Luncurkan PPH Final

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber