Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Nasikah (39), yang berhasil memperdayai sekitar 10 orang untuk dimintai uang. Foto: Khaerul Anwar
Seorang Wanita di Malang Tipu 10 Orang Hingga Ratusan Juta
Jum'at, 22-06-2018 | 00:12 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Perempuan asal Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang harus berurusan dengan Satreskrim Polsek Kepanjen, usai dilaporkan melakukan penipuan dan atau penggelapan diwilayah hukumnya. Dialah Nasikah (39), yang berhasil memperdayai sekitar 10 orang untuk dimintai uang.

Pelaku ternyata tidak sekedar meminta uang begitu saja kepada para korbannya, melainkan mengaku memiliki deposito peninggalan ayahnya sebesar Rp 9 milyar dibank, yang membutuhkan uang untuk mengurus pencairan uang tersebut.

Para korban langsung memberikan pinjaman kepada pelaku secara bertahap. Seperti yang dilakukan kepada korban pertamanya, yang hingga mencapai Rp 66 juta.

Untuk korban berikutnya, rata-rata mereka kena tipu sebesar Rp 5 hingga Rp 15 juta rupiah, juga dilakukan terhadap korban-korbannya dengan meminjam perhiasan yang kemudian dijual ditoko perhiasan.

Namun, hingga waktu yang ditentukan oleh pelaku, uang tersebut tidak kunjung cair dan dikembalikan. Justru pelaku membayar dengan menggunakan perhiasan emas palsu kepada korban.
Terbongkarnya kasus tersebut, akibat korban yang menjual perhiasan emas pemberian pelaku di toko perhiasan emas. Bahwa perhiasan tersebut adalah palsu dan tidak laku dijual.

Korban yang terus menagih juga dijanjikan mengecek buku tabungan yang mengaku sdah ditransfer oleh pelaku. Namun, tidak ada uang transferan masuk dibuku tabungan mereka, hingga dilaporkan ke Polsek Kepanjen.

Iptu Supriadi,Kanitreskrim Polsek Kepanjen mengatakan, bahwa berawal laporan perangkat desa setempat dan dilakukan penyelidikan, pelaku yang melakukan penipuan dengan modus mengaku orang kaya dengan memiliki deposito sebesar Rp 9 milyar akhirnya diringkus polisi.

"Pelaku meminjam uang dari korban-korbannya yang sekitar 10 orang hingga mencapai ratusan juta," jelas Iptu Supriadi.

Kini, pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan dijerat pasal 378 sub 372 KUHP, tentang penipuan dan atau penggelapan, dengan ancaman hingga 4 tahun kurungan penjara. (yos)




Berita Terkait


Istri Leonardo Kembalikan 3 Sertifikat Ke Kejari Kota Malang

Korban Penipuan Aset Pemkot Malang Tolak Penangguhan Penahanan Tersangka

Mengaku Biro Haji, Mantan Kades Tipu 2 Calon Jamaah Haji

Ahmad Dhani Dilaporkan Kasus Penipuan Proyek Villa


Residivis Jaringan Penggelapan dan Penipuan Mobil Dibekuk Polisi

Dirugikan Puluhan Milyar, Korban Penipuan Investasi Kondotel Lapor ke Polda

Polisi Militer TNI-AL dan Avsec Bandara Juanda Tangkap Anggota Jaringan Penipuan Ticket

Didakwa Penipuan dan Penggelapan, Dimas Kanjeng Pilih Pasrah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber