Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Soto Madura Menu Spesial Saat Lebaran Ketupat
Kamis, 21-06-2018 | 22:25 wib
Oleh : Ismail Hasyim dan Moch Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Kebersamaan warga menyambut hari raya lebaran ketupat sungguh meriah. Karena pada momen lebaran ketupat ini, warga berkumpul bersama di salah satu rumah untuk membuat cangkang ketupat dari janur.

Ada yang mengupas janur dari lidinya, sedangkan warga lain sibuk menganyam janur sehingga membentuk kepompong ketupat. Saat kumpul bersama ini, riuh canda tawa warga untuk menghilangkan rasa capek ataupun bosan.

Sementara warga lain sibuk memasak soto madura yang sudah terkenal kelezatannya. Harapannya soto madura ini dihidangkan bersamaan dengan ketupat saat lebaran ketupat. Juga disandingkan makanan khas lain yaitu topak ladeh (kuahnya lebih kental dan hitam dari soto madura).

Susriyati salah satu warga Bangkalan mengatakan, setiap lebaran ketupat selalu menghidangkan soto madura. Selain karena khas madura, soto ini sangat enak dan lezat dengan bumbu sangat alami. Seperti bawang merah ,bawang putih, kemiri ,jahe dan bahan bahan lain. Untuk memasaknya butuh waktu 3 jam.

Topak ladeh maupun soto madura memang merupakan makanan kuliner khas madura yang sangat jarang ditemukan pada hari biasanya. "Hanya di hari raya ketupat, makanan khas ini sangat gampang ditemukan di rumah rumah warga," kata Susriyati.



Berita Terkait


Soto Madura Menu Spesial Saat Lebaran Ketupat

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua