Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga Temukan Lima Anak Balita Ditelantarkan Orang Tua
Selasa, 19-06-2018 | 12:24 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Diduga ditinggal begitu saja oleh kedua orang tua di kamar kos, lima anak balita ditemukan warga dalam kondisi memprihatinkan karena selama empat hari kelima anak balita tersebut tanpa makan dan minum dan terkunci di dalam kamar kos.

Warga Dusun Jengglong Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu, digegerkan dengan ditemukan lima anak balita yang menangis di dalam kamar kos. Diduga kelima anak balita tersebut ditinggal kedua orang tuanya di dalam kamar kos selama empat hari.

Peristiwa penelantaran lima anak balita berawal dari kedua orang tuanya yakni bernama Budi dan istrinya bernama Putri pergi pulang kampung ke Situbondo. Namun kelima anak balita yang pertama umur 4 tahun lebih dan anak bungsu berumur 1 bulan ditinggal di dalam kamar kos di Dusun Jengglong, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Warga nekat menghampiri tempat kos dan menyelamatkan kelima anak balita yang diduga ditinggal kedua orang tuanya itu. Sebelumnya, warga sempat menaruh curiga. Pasalnya, selama empat hari, warga mendengar tangisan anak kecil di dalam kos tersebut.

Menurut keterangan saksi, kelima anak balita saat diselamatkan warga kondisinya memprihatinkan karena selama empat hari terlihat kurang makan maupun minum.

"Tindakan ini ternyata tidak hanya sekali dilakukan kedua orangtua ini. Namun sudah berkali - kali, 5 bocah balita ditinggal dan warga sering mendengar tangisan kelima anak balita tersebut," kata Iwan Rubianto selaku kepala dusun.

Sementara umur dari masing - masing anak yang diterlantarkan oleh kedua orang tuanya, anak pertama berumur empat, anak kedua berumur tiga tahun, anak ketiga dua tahun dan anak ke empat berumur satu tahun, sedangkan anak bungsunya berumurnya satu bulan.

Untuk antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan dinas sosial dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak datang ke lokasi melakukan negoisasi terhadap orang tua kelima anak balita tersebut.

Setelah negoisasi, akhirnya orang tua anak balita tersebut merelakan ketiga anak balita untuk diadopsi warga. Sedangkan dua, yakni anak pertama dan kedua dititipkan di pondok pesantren.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu, Bambang Kuncoro menjelaskan, akibat diterlantarkan kelima anak balita tersebut, karena orang tuanya panik dan perekonomiannya kurang beruntung. Namun disayangkan kedua orang tuanya sangat tertutup terhadap warga sekitar .

Kini kelima anak balita tersebut telah diserahkan ke warga yang diadopsi dengan disaksikan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Kota Batu.(end)




Berita Terkait


Warga Temukan Lima Anak Balita Ditelantarkan Orang Tua

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber