Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Bugarkan Tubuh Dengan Olahraga TRX ( Total Body Exercise )
Selasa, 19-05-2015 | 11:21 wib
Oleh : Nova Sari
pojokpitu.com, Olahraga menjadi bagian penting untuk menjaga kondisi tubuh. Terutama bagi wanita, mempunyai bentuk tubuh ideal menjadi salah satu impian. Banyak ragam olahraga bisa dilakukan, salah satunya TRX atau total body exercise.

Olahraga TRX kini mulai banyak digemari kaum hawa di kota Surabaya. Tidak perlu menggunakan alat yang rumit. Hanya tali TRX dan perangkat suspensinya. Sesuai dengan namanya total body exercise, olahraga ini murni menggunakan kekuatan tubuh kita sebagai mesin olahraga ditunjang dengan tali TRX yang dikaitkan pada suspensi angkernya.

Sebelum melakukan olahraga ini, trainer akan memberikan briefing dahulu. Karena bagi pemula hal ini penting untuk mengenal tali TRX dan cara penggunaannya. Selain itu agar tidak cidera tubuh pada saat berlatih. Karena meski terkesan mudah, olahraga TRX ini rawan cidera otot pada tubuh. 

Seperti olahraga pada umumnya, sebelum dimulai diawali dengan pemanasan. Tujuannya agar tubuh tidak terasa kaku dan menghindari  kram otot saat olahraga berlangsung. Sesi berikutnya yaitu pembentukan bagian tubuh. Diawali dari bagian bawah tubuh atau lower body.  Di mana gerakannya berpusat pada pembentukan tubuh bagian paha dan perut. 

Berikutnya yaitu core area atau bagian perut, agar lebih merata yaitu bagian samping hingga pinggul. Dan yang terakhir yaitu upper body, dimana dilatih bagian atas tubuh dari lengan hingga leher dan kepala.

Menurut Rochman, trainer TRX dari Atlas Sport Club Surabaya, olahraga ini sesuai bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun harus melihat kondisi tubuh sebelum latihan.

"Bagi yang sudah pernah mengalami cidera pada bagian tubuhnya, porsi latihan dan gerakannya akan berbeda dengan orang yang tidak mengalami cidera," ujar Rochman.

Dalam olah raga ini ada beberapa tahapan. Dari kelas pemula, intermediate atau menengah, hingga mahir. Namun ada juga untuk orang yang mengalami cidera tubuh. Semua gerakan menyesuaikan kondisi tubuh. Banyak manfaat yang didapat bila kita rutin melakukan TRX ini.

Seperti yang dirasakan oleh Rahma, salah satu member TRX. Dengan rutin melakukan TRX selama 3 bulan, berat badannya bisa turun hingga 3 kilogram, selain itu tubuhnya lebih padat berisi. Mahasiswi salah satu universitas terkemuka di Surabaya ini mengaku di awal latihan memang berat. Namun setelah terbiasa, kini dia sudah mulai bisa melakukan gaya akrobatik atau gerakan tingkat lanjutan di kelas TRX.

Olahraga TRX bisa dilakukan 2-3kali dalam seminggu dengan durasi 40 sampai 45 menit. TRX bisa dilakukan laki-laki dan perempuan minimal usia 17 tahun. Bila rutin melakukan TRX ini bisa menurunkan berat badan 2 hingga 3 kilogram. Selain itu otot tubuh pun menjadi kencang.(ern)

Berita Terkait


Bugarkan Tubuh Dengan Olahraga TRX ( Total Body Exercise )


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber