Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Seperti tahun tahun biasanya, tim rukyatul hilal dari lajnah falakiyah NU cabang Gresik, yang berjumlah sekitar 40 orang melakukan penglihatan langsung, dari Bukit Condrodipo, Kebomas Gresik. Foto: Mohammad Amin
Tim Lajnah Falakiyah NU Gresik Pantau Rukyatul Hilal di Bukit Condrodipo
Kamis, 14-06-2018 | 17:13 wib
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Seperti tahun tahun biasanya, tim rukyatul hilal dari lajnah falakiyah NU cabang Gresik, yang berjumlah sekitar 40 orang melakukan penglihatan langsung, dari Bukit Condrodipo, Kebomas Gresik. Mereka juga dilengkapi peralatan seperti teleskop motorik,theodolit yang berfungsi untuk mengukur derajat.

Cuaca yang sangat cerah, sangat mendukung aktifitas para perukyat hilal. Tim pemantau rukyatul hilal di condrodipo menggunalan lima metode perhitungan. Bahwa semua metode yang di gunakan, menjelaskan bahwa ketinggian hilal pada tanggal 14 Juni 2018, berkisar antara 6 hingga tujuh derajat. Yang artinya hilal sudah sangat memenuhi syarat untuk mengakhiri bulan suci romadhan.

Di bukit condrodipo, selain dilakukan oleh pemburu hilal dari lajnah falakiyah NU cabang Gresik, juga di ikuti tim falakiyah dari Sidogiri, Pasuruan, serta Komonitas Astronomi Surabaya.

Hasil rukyatul hilal yang dilakukan oleh para perukyat, akan di laporkan ke Pengadilan Negeri Gresik, untuk mendapatkan pengesahan. Sebelum dilaporkan ke Kementrian Agama, yang akan menentukan akhir romadhan atau awal bulan syawal. (yos)




Berita Terkait


Tim Lajnah Falakiyah NU Gresik Pantau Rukyatul Hilal di Bukit Condrodipo

Kemenag Kediri Pertahankan Rukyatul Hilal di Daerah Kandangan

Kemenang Jatim Kirim 16 Petugas untuk Rukyatul Hilal di 8 Kabupaten di Jatim


PWNU Jatim Akan Lakukan Rukyatul Hilal di 11 Tempat di Jatim
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber