Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Sudah mejadi tradisi di Kabupaten Madiun, setiap jelang hari raya idul fitri, warga berbong-bondong berziarah ke sanak saudara dan orang tua mereka yang telah meninggal. Foto:
Jelang Hari Raya, Berdoa dan Sekar Warnai Aktifitas Warga
Rabu, 13-06-2018 | 21:50 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Sudah mejadi tradisi di Kabupaten Madiun, setiap jelang hari raya idul fitri, warga berbong-bondong berziarah ke sanak saudara dan orang tua mereka yang telah meninggal di pemakaman. Warga meyakini, kegiatan ini untuk mendoakan leluhur maupun orang tua yang telah meninggal dunia agar mendapatkan pertolongan dari yang kuasa.

Dengan diiringi tokoh agama dan pernagkat desa setempat, ratusan warga Desa Pilangkenceng Kabupaten Madiun, kompak berduyun duyun memasuki area pemakaman warga setempat.

Baik tua maupun anak-anak, mengelar istighozah dan doa bersama, yang dipimpin modin desa setempat. Kemudian dilanjutkan dengan nyekar bareng di makam para leluhur, orang tua dan sanak saudara mereka yang telah meninggal dunia. Kegiatan ini, merupakan kegiatan rutinitas tahunan jelang hari raya idul fitri.

Kamituo setempat, Bimo Nuryadi mengaku, sudah menjadi tradisi setiap hari raya idul fitri warga nyekar ke makam orang tua mereka. Baik warga yang berada di kampung, maupun warga yang sengaja pulang mudik ke kampung halaman.

"Warga meyakini, kirim doa pada hari-hari yang penuh rahmat dan ampunan (bulan ramadhan,Red) dan hari yang bahagia (idul fitri,Red) sangat makbul, dan diijabahi Allah Swt," ujar Bimo Nuryadi.

Tujuan utama ziarah makam adalah untuk mendoakan orang tua, bukan kegiatan yang justru menuju kemusrikan.

Secara adat jawa, ziarah ke makam orang tua, keluarga, guru dan para ulama itu sangat dianjurkan. Hikmah dari ziarah kubur ialah menebalkan keimanan manusia dengan mengingat mati. (yos)




Berita Terkait


Kegiatan "Nyekar" ke Pendiri Perguruan Silat Dilaksanakan di Daerah Masing-Masing

Untuk Sementara, Tradisi Nyekar Bulan Suro Ditiadakan

Jelang Hari Raya, Berdoa dan Sekar Warnai Aktifitas Warga

Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan, Penjualan Bunga Meningkat


Untuk Sementara, Tradisi Nyekar Bulan Suro Ditiadakan

Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan, Penjualan Bunga Meningkat

Puti Guntur Nyekar Ke Makam Gus Dur

Tradisi Nyandran Atau Nyekar Ke Makam Suku Tengger
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber