Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Pemudik dihimbau agar selalu berhati hati saat melintas di jalur Pantura Probolinggo karena banyak penyempitan jalan dan bus ugal-ugalan. Foto Farid
Penumpang Cemas, Saat Bus Saling Kejar Berebut Jalan
Rabu, 13-06-2018 | 12:15 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, H-2 jelang lebaran, arus lalu lintas jalur Pantura Probolinggo, terpantau ramai lancar. Hanya saja, sempat ada 3 bus saling kejar berebut penumpang hingga membahayakan keselamatan pengguna jalan lain.

Kelakuan tidak terpuji itu dilakukan sopir bus angkutan lebaran tahun 2018. sempat terekam kamera Bus Kemenangan vs Bus Akas saling kejar di jalur Pantura Probolinggo, Tongas hingga Ketapang.
 
Dua bus sangat kencang, berusaha menyalip bus di depannya dengan tujuan berebut penumpang. Bus yang saling kejar ini Bus Kemenangan nomor polisi L 7043 UN dan Bus Akas nomor polisi N 7129 US.
 
Ironisnya, bus saling kejar tanpa memperhatikan keselamatan  pengguna jalan lain, terutama pengendara roda dua atau penumpangnya sendiri.
 
Sementara itu di jalur Pantura Probolinggo Ketapang sampai Pasuruan Nguling memiliki panjang sekitar 18,8 kilo meter dengan kondisi jalan lebar dan lurus. Dengan kondisi tersebut sangat membahayakan pemudik.
 
Di jalur ini ada beberapa alat early warning sistem, namun tidak berfungsi dan banyak penyempitan jalan. Selain itu, pada H-2 ini banyak penyeberang jalan yang lalu lalang dari pasar, salah satunya Pasar Bayeman Tongas.
 
Seperti diketahui jalur pantura tongas merupakan black spot rawan terjadinya kecelakaan. Pada tahun 2013 lalu terjadi laka lantas mobil bak terbuka yang menyebabkan 20 orang meninggal dunia. Dengan banyaknya korban jiwa, kepolisian dan pemerintah setempat membuat monumen kecelakaan lalu lintas di jalur pantura desa curah tulis, kecamatan tongas.
 
Sementara itu menurut AKBP Alfian Nurrizal, Kapolres Probolinggo Kota, selama arus mudik lebaran ini terus meningkatkan pengamanan di jalur pantura maupun jalur selatan.
 
Data Satlantas Probolinggo Kota dan Satlantas Probolinggo, jalur Pantura Probolinggo dengan panjang total 52 kilo meter memiliki 3 black spot. Black spot pertama di jalur Pantura Tongas, black spot ke dua dan ke tiga di Dringu yang pernah terjadi laka lantas 6 pemudik tewas dan Jalur Wisata Bentar 10 penumpang bus tewas. (pul)

Berita Terkait


Penumpang Cemas, Saat Bus Saling Kejar Berebut Jalan

Bus Senggol Bus, Tiga Penumpang Tewas

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber