Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Tanaman Bonsai alami hasil olahan tangan trampil Asmuni
Bonsai Dari Alam Diminati Pasar
Senin, 18-05-2015 | 18:57 wib
Oleh : Budi Setyono
pojokpitu.com, Usaha pembuatan bonsai dari alam di kecamatan Mantingan kabupaten Ngawi, laris manis manis. Selain harga lebih murah, proses pembuatan bonsai ini, tidak membutuhkan waktu puluhan tahun, seperti halnya bonsai dari biji.

Tak jauh dari pintu gerbang masuk Jawa Timur , Seorang lelaki asal kelurahan Mantingan kecamatan Mantingan  kabupaten Ngawi, sedang beraktivitas mempercantik bonsai. dengan mengunakan peralatan sederhana, ranting tanaman dibentuk dengan kawat alumunium .
ayah tiga anak ini, telah menekuni usaha pembuatan bonsai sejak 35 tahun lalu.  Awalnya asmuni menekuni bisnis tanaman kerdil ini, di ibu kota Jakarta. Dengan modal keahlian tersebut, dia tetap menekuni usaha bonsai ketika pulang ke kampung halaman. Kemudian keahlian ini menjadi sumber pengahsilannya.

Selain membudidayakan bonsai dari biji, Asmuni juga mengembangkan bonsai dari alam. Pembuatan bonsai dari alam relatif singkat, yakni sekitar dua tahun saja. Hal tersebut, karena tanaman yang dibentuk  sudah jadi. Biasanya berupa bonggol tanaman. Bahan tanaman dari alam tersebut, biasanya dicari sendiri atau membeli dari warga sekitar hutan.

Selain untuk kebutuhan lokal, bonsai karyanya juga dipasarkan ke luar daerah, ke Solo, Yogyakarta, dan Jakarta. Harga yang ditawarkan mulai dari 350 ribu rupiah, hingga satu juta lima ratus ribu rupiah.

Meski diminati pasar menengah ke bawah, pembuatan bonsai dari alam juga mengalami kendala, karena terbatasnya bahan baku. Tanaman yang digunakan sudah cukup berumur, sehingga semakin lama juga semakin habis, karena sering diburu.(tur)



Berita Terkait


Berawal Dari Hobi, Budidaya Tanaman Hias Beromset Puluhan Juta Rupiah

Bonsai Dari Alam Diminati Pasar


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber