Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Loket BPJS Dr Soetomo Kosong, Pasien Kanker Hampir Tidak Tertangani
Senin, 11-06-2018 | 18:55 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, BPJS Watch dengan anggota DPRD Jatim melakukan sidak di RSUD Dr Soetomo untuk mengetahui pelayanan di Rumah Sakit Pemprov tersebut selama libur Lebaran. Hasilnya, loket BPJS ternyata kosong, padahal BPJS berjanji akan stand by 24 jam.

Dalam rangka memastikan keselamatan pasien, meningkatkan kualitas layanan rumah sakit dan mengawal akses berobat mudik balik lebaran berbasis JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat), BPJS Watch Jatim dengan anggota DPRD Jatim, Agatha Retnosari, melakukan sidak dan meninjau RSUD DR Soetomo Surabaya.

Jamal, Koordinator BPJS Warch Jatim, menyampaikan pada sidak ini ditemukan loket BPJS Kesehatan di IGD dalam kondisi kosong, BPJS Watch Jatim mengecam keras karena maladministrasi berdampak pasien lambat tertangani dan ditarik biaya. Untuk itu, pihaknya akan menindaklanjuti ke BPJS Pusat agar pelayanan BPJS bisa stand by 24 jam sesuai komitmen BPJS yang sejak awal disampaikan.

Sementara itu, Agatha Retnosari, anggota DPRD Jatim mengatakan, BPJS membuka posko pelayanan di terminal dan stasiun. "Sebenarnya posko tersebut tidak begitu dibutuhkan, yang dibutuhkan harus stand by 24 jam adalah di rumah sakit. Dengan begitu pasien bisa langsung mendapatkan pelayanan saat tiba di rumah sakit. Untuk pasca lebaran, pihaknya akan memanggil sejumlah pihak terkait untuk melakukan evaluasi BPJS," kata Agatha Retnosari, anggota Komisi E DPRD Jatim.

Selain loket BPJS kosong, saat menyusuri IGD ditemukan 2 pasien kanker yang sudah antri kemoterapi sejak pagi masih terlantar dan nyaris dipulangkan, dikarenakan petugas yang menangani libur Lebaran.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Dokter Joni Wahyuhadi mengatakan, untuk pasien kanker yang hampir pulang itu terjadi miss komunikasi di petugas. "Saat ini, langsung ditangani karena waktunya tidak mencukupi, kemoterapi dilakukan besok, yang pasti seluruh pelayanan di RSUD Dr Soetomo mulai operasi sampai kemoterapi buka selama libur Lebaran dan pelayanan terfokus di IGD, dikarenakan poli diliburkan," kata Dr dr Joni Wahyuhadi SpBS (K) Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan.(end)




Berita Terkait


Loket BPJS Dr Soetomo Kosong, Pasien Kanker Hampir Tidak Tertangani

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua