Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Al Quran Daun Lontar Dari Pria Misterius Tersimpan di Masjid Nurussalam
Senin, 11-06-2018 | 11:47 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Al Quran kuno yang disimpan di masjid Nurussalam Jalan Bogorami Makam, Surabaya memiliki daya tarik tersendiri. Sejak diberikan tahun 2012 oleh seorang ulama tak dikenal, Al Quran yang ditulis tangan, berbahan daun lontar masih dirawat oleh takmir masjid.

Selama tujuh tahun lamanya, Al Quran disimpan di Masjid Nurussalam Jalan Bogorami Makam, Surabaya. Seluruh ayat-ayat Al Quran ini ditulis tangan menggunakan tinta.
 
Al Quran daun lontar ini memiliki ukuran tinggi sekitar 50 sentimeter dan lebar 40 sentimeter, dengan ketebalan sekitar 10 sentimeter. Tiap ruas daun lontar, memiliki ukuran 2 centimeter yang tersusun rapi dan diikat dengan benang.

Menurut takmir Masjid Nurussalam, Usono, Al Quran kuno ini merupakan titipan dari seorang ulama. Melihat kondisi Al Quran ini, diduga memiliki usia yang cukup tua. "Kami berencana untuk memanggil ahli purbakala untuk mengetahui pasti usia Al Quran daun lontar tersebut," kata Usono.
 
Awalnya, kitab suci ini diberikan oleh pria misterius dan memberikan pesan agar itu disimpan dan dirawat di dalam masjid. Usia menitipkan Al Quran daun lontar ini, sang pria ini pun pergi tanpa diketahui.

Hingga kini, kitab suci ini terbungkus kain berwarna abu abu, dan tersimpan rapi di salah satu sudut ruangan masjid. Diharapkan, kitab Al Quran daun lontar memberikan berkah dan manfaat bagi masjid dan warga sekitarnya. (pul)

Berita Terkait


Olimpiade Pecinta Al Quran Perebutkan Tropi Kapolda Jatim

Al Quran Daun Lontar Dari Pria Misterius Tersimpan di Masjid Nurussalam

Pengasuh Ponpes Nurul Iman Cetak Al-Quran Raksasa

Ratusan Polisi Wajib Belajar Membaca Al Quran


Penyandang Tuna Netra Gelar Tadarus Al Quran Huruf Braille

Di Ponpes Ini Al Quran Dibuat Dari 500 Kulit Ekor Sapi

Ratusan Polisi Wajib Belajar Membaca Al Quran

Video Yuk Baca Al Quran Ini Mendadak Viral
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber