Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

enteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meminta kepada seluruh kampus di Indoensia melakukan pendataan akun media sosial mahasiswanya. Foto: Kriswanto
Mahasiswa Baru Wajib Laporkan Akun Medsos
Minggu, 10-06-2018 | 06:32 wib
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, (Kemenristekdikti) akan melakukan pengawasan terhadap akun media sosial mahasiswa. Kemenristekdikti mewajibkan mahasiswa baru melaporkan akun media sosial mereka, langkah tersebut diambil guna mencegah perluasan pengaruh paham radikal di kampus.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meminta kepada seluruh kampus di Indoensia melakukan pendataan akun media sosial mahasiswanya. Tidak hanya itu, setiap mahasiswa baru diharuskan untuk melaporkan akun media sosialnya ke perguruan tinggi masing-masing.

"Pencatatan akun media sosial (medsos) itu harus dilakukan saat mahasiswa mendaftarkan diri," jelas Mohamad Nasir.

Ia menilai pelaporan akun medsos mahasiswa baru untuk keperluan mencegah perluasan pengaruh paham radikal ke kampus-kampus. Untuk itu, dirinya meminta semua pemangku kepentingan di perguruan tinggi untuk aktif dalam pengawasan terhadap penyebaran paham radikal ke kampus.

"Setiap rektor universitas turut bertanggung jawab terhadap setiap mahasiswa serta dosen pengajar di perguruan tingginya," tegasnya.


Penelusuran medsos mahasiswa akan dilakukan melalui kerja sama Kemenristekdikti dengan Kementerian Kominfo. Jika ada indikasi akun medsos mahasiswa memiliki keterkaitan dengan paham radikal, maka akan dilakukan pemanggilan. (yos)




Berita Terkait


Mahasiswa Baru Wajib Laporkan Akun Medsos

Pilkada 2018, Polisi Awasi Akun Medsos 24 Jam

Sebanyak 405 Akun Medsos Diblokir Polda Jatim


Sebanyak 405 Akun Medsos Diblokir Polda Jatim
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber