Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Mengaji dan Belajar Agama Kilat Ala Pesantren Langgar Angkring
Jum'at, 08-06-2018 | 20:21 wib
Oleh : Tova Pradana
Berita Video : Mengaji dan Belajar Agama Kilat Ala Pesantren Langgar Angkring
Madiun pojokpitu.com, Puluhan santri baik tua maupun muda mengikuti mengaji kilatan, atau mengaji khusus di bulan ramadhan. Kegaitan ini selain meningkatkan amal di bulan ramadhan, juga cara cepat untuk kursus ilmu agama.

Ngaji kilatan itu digelar Pondok Pesantren Angkring Langgar Candi Islam Nusantara, yang berlokasi di Kelurahan  Nglames Kecamatan Kabupaten Madiun .  Ya.. Istilah mengaji kilat dipakai ala pesantren untuk menyebut metode mengaji cepat di bulan ramadhan.

Puluhan santri baik santri mukim dan santri warga sekitar, terlihat khusuk ikut menyimak bacaan kitab yang diajarkan kyai kepada mereka.  Sesekali mereka ikut tertawa, mendengarkan penjelasan kitab dari sang kyai. Namun, sesekali mereka juga terlihat cukup serius dan mencatat dalam buku kecil keterangan sang kyai yang menurut mereka perlu digaris bawai.

Khusus pada bulan ramadhan ini, para santri fokus belajar agama dengan mengaji sejumlah kitab yang telah di jadwalkan oleh pondok pensatren. Dan metode pengajianya bersifat cepat dengan target di malam 20 an sudah hatam.

Jono salah satu santri mengaku, adanya ngaji kilatan membuat bulan suci ini menjadi lebih dipenuhi dengan kegiatan bermanfaat. Hal itu sangat sesuai dengan tujuan untuk mendapat barokah yang besar di bulan yang suci ini.

Sementara itu Muhammar Said, Pengasuh Ponpes Langgar Angkring mengatakan, ngaji kilatan dilakukan rutin setiap bulan ramadhan . Santri yang daftar bersasal dari santri mukim, santri masyarakat sekitar dan santri yang memang khusus mendaftar ikut kilatan, dari berbagai daerah. Serupa dengan pensatren yang lain. Dimalam dua puluhan ini. Sejumlah kitab kuning yang diajarkan ditarget hatam, dan dihatami. Sehingga para santri bisa fokus untuk mudik ke kampung halaman atau fokus  untuk mengejar lailataul qodar.

Pondok Angkring Langgar Candi Islam Nusantara ini berdiri tahun 2003 silam. Disebut pondok Angkring Langgar Candi Islam Nusantara hal ini semata mata untuk meleburkan diri agar mudah bersatu dengan masyrakat sekitar. Juga disebut Ponpes Angkring karena memang dulunya ponpes ini hanya berbentuk angkring angkring kecil, ala kadarnya. Dan langgar atau surau sebagai pusat pembelajaran atau masjidnya. (pul)

Berita Terkait


Mengaji dan Belajar Agama Kilat Ala Pesantren Langgar Angkring

Dua Guru Ngaji Cabuli Santri Dibawah Umur

Hari Santri Nasional Pecahkan Rekor MURI Ngaji Kitab Kuning dengan Jumlah Santri Terbanyak

Gus Ipul : Al Quran Obat Bagi Semua Orang


Dua Guru Ngaji Cabul Dituntut 8 Tahun dan 13 Tahun Penjara

Polisi Sekaligus Guru Ngaji Terima Penghargaan

Hari Santri Nasional Pecahkan Rekor MURI Ngaji Kitab Kuning dengan Jumlah Santri Terbanyak

Guru Ngaji Tega Cabuli Sejumlah Santri
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber