Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Warga memenuhi lokasi lomba sambil menunggu waktu buka puasa. Foto Riz
Ngabuburit Asik Adu Kuat Lomba Layangan
Jum'at, 08-06-2018 | 12:18 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Di Kabupaten Bondowoso, ada tradisi ngabuburit yang sangat seru dan meriah. Sekelompok pemuda Desa Pejagan mengadakan lomba layangan adu kuat.

Berlokasi di persawahan Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darussholah Bondowoso, para pemuda desa mengadakan lomba layangan. Teriakan warga terdengar saling sahut untuk mendukung layangan jagoannya.

Mekanisame lomba adalah adu kuat, yakni layangan yang sudah diterbangkan diadu satu lawan satu dengan layangan lain. Peserta yang talinya terlebih dahulu putus dinyatakan kalah.

Peraturan untuk tali, peserta membawa sendiri dan bebas menggunakan tali apapun. Sedangkan untuk layangan disediakan oleh panitia. Peserta paling banyak memutuskan tali lawan, dapat terus melaju ke babak berikutnya hingga final.

Keseruan terlihat saat layangan meninggi ke udara, para joki sangat lihai memainkan tali dengan berbagai teknik untuk mengalahkan lawannya. Kebanyakan menggunakan teknik ulur, namun beberapa diantaranya memakai teknik tarik dengan bantuan penggulung.

Erfandi, Ketua Panitia mengatakan, peserta yang ikut dalam lomba merupakan pecinta permainan layangan dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Bondowoso." Tak tanggung-tanggung, satu hari masa pendaftaran, jumlah peserta sudah mencapai 100 orang," kata Erfandi.

Ratusan warga memenuhi pematang sawah untuk menonton acara tahunan ini. Selain seru, lomba layangan juga menjadi media untuk ngabuburit menunggu datanganya waktu berbuka puasa.(pul)

Berita Terkait


Ngabuburit Asik Adu Kuat Lomba Layangan

Peserta Dari Mancanegara Meriahkan Lomba Layang-Layang

Peringati Hari Kemerdekaan Dengan Festival Layang - Layang Raksasa

Lomba Layang-Layang Tradisional Meriahkan HUT RI ke-72


Layang Sowangan, Layangan Berbunyi Bentuk Unik Khas Bondowoso

Ngabuburit Dengan Menerbangkan Layangan 2 Dimensi

Ngabuburit, Puluhan Warga Lumajang Main Layangan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber