Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Tes kesehatan dalam rangka keselamatan pengemudi dan penumpang menyambut lebaran. Foto: Ali Makhrus
Jelang Lebaran, Ratusan Supir Bus Jalani Tes Kesehatan
Kamis, 07-06-2018 | 16:01 wib
Oleh : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Untuk menjaga keselamatan dan keamanan penumpang bus menjelang lebaran, Kementerian Kesehatan RI menginstruksikan untuk menyelenggarakan serangkaian tes kesehatan pada supir bus. Selanjutnya, hasil tes akan digunakan sebagai dasar penetapan kelayakan mengemudi.

Tes kesehatan dalam rangka keselamatan pengemudi dan penumpang menyambut lebaran, dimulai dengan pengisian data dan wawancara oleh petugas, mengenai identitas diri, termasuk perihal riwayat sakit yang pernah di derita oleh supir.

Selanjutnya, dilakukan serangkaian tes fisik, berat dan tinggi badan, kadar gula, tensi, kadar alkohol dalam pernafasan, hingga tes urine, yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

dr. Lucy Herawati, Kasi Kesehatan Lingkungan,Kerja dan Olahraga, mengatakan,hasil dari tes dapat diketahui langsung, sehingga pengemudi dapat menerima konsultasi penanganan kesehatan oleh dokter ditempat.

"Sedangkan, pengemudi dengan hasil tes melampaui batas kelayakan, akan dikoordinasikan dengan PO agar dilakukan pergantian," jelas dr. Lucy Herawati.

Bagi pengemudi, dengan adanya pemeriksaan ini dianggap sebagai langkah positif untuk mengetahui sejauhmana kondisi kesehatan para pengemudi.

"Apalagi dalam kondisi lalu lintas yang padat, membuat para sopir bus rawan mengalami kelelahan," ujar salah satu sopir bus AKDP, Supardi.

Selain melakukan serangkaian tes kesehatan, petugas juga melakukan sosialisasi bahaya penggunaan narkoba kepada penumpang serta pemasangan stiker stop narkoba di badan bus. (yos)

Berita Terkait


Jelang Lebaran, Ratusan Supir Bus Jalani Tes Kesehatan

Tes Kesehatan korban Pasca Banjir Bandang

Bacalon Bupati - Wakil Bupati Bondowoso Lulus Tes Kesehatan

Paslon Incumbent Jombang Ikuti Tes Kesehatan


KPU Bojonegoro Umumkan Hasil Tes Kesehatan Paslon

Bacalon Bupati - Wakil Bupati Bondowoso Lulus Tes Kesehatan

Paslon Incumbent Jombang Ikuti Tes Kesehatan

8 Cabup-Cawabup dari Madura Jalani Tes Kesehatan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber