Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Ribuan tenaga pengawas TPS yang telah dinyatakan lolos seleksi ini, dikukuhkan dan dilantik secara serentak di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Foto: Avrizal Ilmi
Bawaslu Bojonegoro Rekrut Tenaga Panwas TPS Pilkada 2018
Rabu, 06-06-2018 | 13:01 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro, merekrut ribuan tenaga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, serta bupati dan wakil bupati Bojonegoro 2018. Tenaga pengawas tersebut, akan bertugas untuk memantau sekaligus melakukan pengawasan di tiap-tiap TPS, pada hari pemungutan suara 27 Juni 2018 mendatang.

Ribuan tenaga pengawas TPS yang telah dinyatakan lolos seleksi ini, dikukuhkan dan dilantik secara serentak di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Salahsatunya di Pendopo Kecamatan Sumberrejo. pelantikan ini diikuti sebanyak 143 tenaga pengawas, yang nantinya akan bekerja di masing-masing TPS yang tersebar di 26 desa di kecamatan setempat.

Kegiatan ini dihadiri langsung ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, M. Yasin, sementara prosesi pelantikan dipimpin langsung ketua Bawaslu Kecamatan Sumberrejo, M. Chamim Fachrudin.

Selain pengukuhan dan pelantikan, seluruh tenaga pengawas juga mendapatkan pembekalan sekaligus bimbingan teknis, tentang tata cara dan sistem pengawasan pada saat proses pemungutan suara di TPS. Selain itu, mereka juga diberikan wawasan terkait kinerja dan sikap netralitas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat TPS.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, M. Yasin menyatakan rekrutmen tenaga pengawas ini, merupakan salahsatu bagian penting untuk mensukseskan Pilkada serentak 27 Juni mendatang.

Proses pelantikan berlangsung serentak selama 2 hari di masing-masing kecamatan, dengan jumlah tenaga pengawas mencapai 2.408 petugas atau sesuai dengan jumlah TPS se Kabupaten Bojonegoro.

Para tenaga pengawas ini, akan ditempatkan di tiap-tiap TPS, dimana 1 orang petugas mengawasi 1 TPS selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

"Untuk menjaga netralitas, mereka dibekali materi tentang azas netralitas, jujur dan profesional sebagai penyelenggara pemilu,"jelas M. Yasin.

Diharapkan dengan terbentuk tenaga pengawas ini, pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Bojonegoro, akan terlaksana dengan sukses, adil, dan tanpa terjadi kecurangan dalam bentuk apapun. (yos)

Berita Terkait


Bawaslu Kediri Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Perbawaslu

Bawaslu Bondowoso Turunkan Paksa APK Melanggar

Bawaslu Malang Panggil ASN Tidak Netral

Bawaslu Kediri Dalami Dugaan Pelanggaran Pemilu


Tidak Identik, Bawaslu Bolehkan Bendera Parpol Berlatar Belakang Merah Putih

Bawaslu Malang Panggil ASN Tidak Netral

Bawaslu Libatkan LSM-Ormas Jadi Pemantau Pemilu

Bawaslu Bondowoso Akan Cabut APK yang Terpaku di Pohon
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber