Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ingat, Ada Batasnya Untuk Lewat Jembatan Widang
Rabu, 06-06-2018 | 10:41 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Tuban pojokpitu.com, Kepala BBPJN ( Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional ) I Ketut Darmawahana mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba kendaraan angkutan seperti truk melintasi Jembatan Widang Baru. Namun pihaknya tidak bisa memastikan berat kendaraan yang melintas.

"Yang pasti jika ada kendaraan angkutan barang dengan kekuatan sekitar 40 ton melintas tidak boleh berjajar, tapi harus beriringan," jelas  I Ketut Darmawahana.

Uji coba dilakukan tidak hanya pada jembatan yang baru, tapi juga jembatan lama yang sudah dilakukan sejumlah perbaikan kekuatan. Pihaknya juga akan melakukan evaluasi jembatan setiap 2 minggu sekali sampai akhir tahun, untuk mengetahui kekuatan jembatan. Sekaligus pergerakan baut, kembali ke asal atau tidak.

Pembatasan tonase yang melintas sangat penting, agar kejadian jembatan ambruk tidak terulang. Batas kekuatan jembatan tidak boleh lebih 40 ton. Terkait masalah ini, Gubernur Jatim Soekarwo pernah meminta pemerintah pusat mengoperasikan kembali Jembatan timbang. "Sudah berulang kali mengajukan surat kepada menteri PUPR dan Menhub, untuk jembatan timbang dioperasikan lagi, jika pemerintah pusat tidak mampu, Pemprov Jatim siap mengelola kembali," kata Soekarwo.

Namun usulan Gubernur Soekarwo ini belum ada tanggapan dari Pemerintah Pusat. "Sampai detik ini belum ada respon, untuk itu dengan belajar Jembatan Widang Ambruk Akibat kelebihan tonase, kami kembali mengajukan surat itu ke pemerintah pusat," tegas Soekarwo. (pul)

Berita Terkait


Ingat, Ada Batasnya Untuk Lewat Jembatan Widang

Hari ini, Jembatan Widang Babat Dibuka Gubernur Sukarwo

Pengoperasian Jembatan Widang-Babat Molor Dari Jadwal

Pemasangan Rambu Selesai, Jembatan Widang Siap Uji Coba


Pengerjaan Terus Di Kebut, H-13 Lebaran Jembatan Widang Siap Diuji Coba

Hore..Jembatan Widang Sudah Bisa Dilalui H-10 Lebaran

Menteri PUPR RI Tinjau Pengerjaan Perbaikan dan Pembangunan Jembatan Widang yang Ambruk

Pengerjaan Jembatan Widang Terus Dikebut

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber