Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Bulan Ramadhan, Produsen Cincau Panen Untung
Senin, 04-06-2018 | 07:25 wib
Oleh : Ali Makhrus
Berita Video : Bulan Ramadhan, Produsen Cincau Panen Untung
Malang pojokpitu.com, Tingginya angka permintaan cincau hitam saat bulan ramadhan, membuat produsen cincau Mak Cao meningkatkan jumlah produksinya. Sebab saat bulan suci ramadhan permintaan cincau hitam mengalami kenaikan hingga seribu persen.

Hanya terdapat 3 produsen cincau di Malang Raya. Salah satunya produsen cincau hitam di Kota Malang, buatan Suratemi yang lebih dikenal sebagai Mak Cao.

Menurut Suratemi, pemilik usaha cincao hitam Mak Cao, permintaan cincau meningkat drastis hingga 200 kaleng perhari. Sementara pada hari biasa hanya 20 kaleng.

Tempat produksi Mak Cao yang berada di jalan Laksda Martadinata atau di belakang Pasar Kebalen, Kota Malang. Sudah aktif produksi sejak tahun 1942 dan masih eksis hingga sekarang.

Untuk memproduksi cincau, Suratemi mendatangkan daun cincau kering dari Ponorogo. Sementara untuk menghasilkan cincau yang enak, butuh proses yang panjang, sekitar 4 jam agar lunak. Setelah lunak, daun cincau disaring dan direbus kembali dengan campuran kanji. Kanji berfungsi untuk mempertahankan kekenyalan cincau agar tahan lama.

Ia menambahkan, seluruh proses pembuatan cincau dilakukan secara tradisional. Salah satu memasak harus menggunakan kayu, karena yang dihasilkan menjadi lebih sedap. (pul)

Berita Terkait


Bulan Ramadhan, Produsen Cincau Panen Untung

Ramadhan, Produksi Cincau Meningkat 3 Kali Lipat

Bulan Puasa, Permintaan Cincau Hitam Meningkat

Cocok Untuk Takjil, Permintaan Cincau Naik 500 Persen


Penjual Cincau di Gresik Minta Aparat Tegas Pada Penjual Yang Pakai Borak
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber