Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Rata-rata kerusakan terjadi karena surat suara tidak utuh dan terpotong, selain itu terdapat pula surat suara yang tidak sesuai dengan ukuran dan kualitas yang sudah ditentukan. Foto: Agus Bondan
Ribuan Lembar Surat Suara Ditemukan Rusak Saat Proses Penyortiran dan Pelipatan
Minggu, 03-06-2018 | 05:25 wib
Oleh : Agus Bondan,Muhammad Imron Danu
Tulungagung pojokpitu.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tullungagung, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pilgub Jawa Timur.Sebanyak 20 tenaga ahli pelipat dari sebuah perusahaan percetakan, didatangkan untuk melakukan pelipatan.

Dengan cekatan mereka langsung menyortir dan melipat surat suara, ditargetkan pelipatan ini akan selesai dalam waktu 4 hingga 5 hari. Dalam proses penyortiran ini, mereka menemukan 8 ribu surat suara rusak.

Rata-rata kerusakan terjadi karena surat suara tidak utuh dan terpotong, selain itu terdapat pula surat suara yang tidak sesuai dengan ukuran dan kualitas yang sudah ditentukan. Surat suara rusak ini nantinya akan dibawa ke KPU provinsi, untuk selanjutnya diganti dengan surat suara baru.
 
Victor Febrihandoko, Komisioner KPU Tulungagung, menjelaskan, terdapat 8 ribu lebih surat suara untuk kebutuhan Pilgub tahun ini. Hingga saat ini kebutuhan logistik pelaksanaan pemungutan suara, tingal menunggu kiriman alat pencoblos dan bantalan pencoblos.

"Sedangan kebutuhan lain seperti kotak suara, bilik suara dan tinta sudah siap. Rencananya semua kebutuhan logistik akan mulai didistribusikan sebelum lebaran," ujar Victor Febrihandoko.

Sesuai jadwal, pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 27 Juni mendatang. Semua kebutuhan logistik akan disiapkan di tempat pemungutan suara, 1 hari sebelum pelaksanaan. (yos)




Berita Terkait


KPUD Lamongan Mulai Lakukan Sortir Surat Suara

KPU Kabupaten Kediri Masih Terima 50 Persen dari Kebutuhan Surat Suara

361 Kotak Surat Suara Pemilu Tiba Di Pamekasan

KPU Kota Malang Terima Logistik Pemilu 2019


602 Boks Surat Suara DPR RI dan DPR Provinsi Diterima KPU kota Pasuruan

KPU Sumenep Kekurangan Puluhan Ribuan Surat Suara Pemilu 2019

KPU Tulungagung Mulai Lakukan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara

KPU Kabupaten Kediri Masih Terima 50 Persen dari Kebutuhan Surat Suara

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber