Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Dengan Teknologi, Pengurusan Ijin Usaha Hanya 2 Hari
Jum'at, 01-06-2018 | 10:51 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Banyak warga mengeluhkan lama dan ribetnya dalam pengurusan ijin usaha, khususnya pelaku usaha kecil menengah. Namun tidak di Kabupaten Probolinggo. Warga sekarang tidak perlu resah dalam pengurusan ijin usaha, sebab sudah ada aplikasi android dan komputerisasi, di Kantor Dinas Perijinan. Cukup 15 menit, SK akan terbit.

Teknologi berbasis serba komputerisasi ini bisa cepat dalam pengurusan surat ijin usaha. Pemohon cukup lengkapi persyaratannya dan datang ke kantor untuk mengentri data.

Setelah data masuk, proses berikutnya validasi dimana petugas akan mengecek syarat-syarat yang dibawa pemohon. Selanjutnya petugas akan memberi rekomendasi ke kepala dinas untuk tandatangan SK ijin usaha.

Menurut Hadi Prayitno, Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Probolinggo, biasanya proses lama saat tanda tangan SK. Sebab kepala dinas tidak berada di tempat untuk tanda tangan manual.

Dengan aplikasi android yang diberi nama "jempolan" Jemput online dan langsung jadi ini, kepala dinas bisa mengecek kevalidatan syarat. Serta langsung tanda tangan melalui ponsel android. "Tanda tangan kepala dinas cukup dengan klik centang," kata Hadi.

Menurut Hadi Prayitno, selain cepat tepat dan akurat, teknologi ini diharapkan bisa membuat warga tidak lagi malas dalam pengurusan ijin usaha.

Semantara itu Novia Nurul Hasaniah, salah satu warga, mengaku sangat terbantu dengan proses perijinan dengan aplikasi ini. Ijin usahanya membuka praktek bidan di pelosok desa terpencil tidak perlu bolak balik melakukan pengurusan.

Diharapkan, warga Kabupaten Probolinggo, khususnya pelaku usaha kecil menengah, dalam percepatan pertumbuhan ekonomi, agar selalu melakukan perijinan. (pul)
 


 

       

 

 


Berita Terkait


Parabola Berbahan Kipas Angin Bekas.. Ini Hasilnya

Dengan Teknologi, Pengurusan Ijin Usaha Hanya 2 Hari

Robot Berteknologi Neuromorfis dengan Kecerdasan Buatan

OKI Tunjuk Indonesia Jadi Pusat Vaksin dan Bioteknologi


Dengan Teknologi Mikrohidro, Sungai Gunung Argopuro Hasilkan Listrik

Operasi Katarak Teknologi Pacho, Hanya Ciptakan Sayatan 2 mm

OKI Tunjuk Indonesia Jadi Pusat Vaksin dan Bioteknologi

Jawa Tengah Pamer Sihati, Teknologi Untuk Monitoring Inflasi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber