Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sri Setyaningsih, Koordinator Inklusi SMPN 39 Surabaya
Hari Terakhir PPDB Inklusi dan Mitra Warga
Kamis, 31-05-2018 | 17:58 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Hari terakhir pendaftaran PPDB jalur mitra warga dan inklusi pendaftar di SMP Negeri 39 Surabaya terpantau sepi. Meski jumlah pendaftar secara keseluruhan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu.

Sebagai salah satu sekolah inklusi, SMP Negeri 39 mengakui pendaftar PPDB jalur mitra warga dan inklusi tahun ini cukup banyak. Namun pihaknya tetap selektif dalam memilih siswa, sebab kuotanya masing-masing jalur hanya 5 persen dari pagu yang ditetapkan sebanyak 304 siswa.

Sri Setyoningsih, Koordinator Inklusi SMP Negeri 39 mencatat di hari terakhir pendaftaran PPDB jalur inklusi sudah ada 14 pendaftar, dengan beragam ketunaan. Seperti autis, slow learner, tuna grahita, dan tuna wicara.

"Hanya 4 siswa yang bisa masuk ke kelas reguler, sedangkan 10 sisanya ada di kelas khusus karena tingkat ketunaannya cukup tinggi. Sehingga membutuhkan pengajaran khusus oleh guru pendamping khusus (GPK) dan psikologi. Sayangnya, jumlah GPK hanya 1 membuat pelayanan pendidikan inklusi harus melibatkan guru reguler," kata Sri Setyaningsih, Koordinator Inklusi SMPN 39 Surabaya.

Sementara untuk jalur mitra warga, di SMPN 39 sampai saat ini sudah ada 75 pendaftar padahal kuota yang ditetapkan hanya 16 siswa. Sehingga seleksi ketat berdasarkan zonasi tempat tinggal, nilai ujian sekolah, dan kondisi rumah menjadi prioritas utama dalam menyeleksi calon siswa.(end)


Berita Terkait


Hari Terakhir PPDB Inklusi dan Mitra Warga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua