Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Hasil Surver Puskep Sebut Paslon Nomer Urut 2 Unggul Tipis Dari Paslon Nomer 1
Kamis, 31-05-2018 | 17:51 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Hasil survei terbaru elektabilitas paslon Pilgub Jatim yang dilakukan pusat kajian pembangunan dan pengelolaan (Puskep) Fisip Universitas Airlangga mengunggulkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dengan 47,25 persen dan Khofifah-Emil Dardak sebesar 42, 25 persen.

Survei untuk mengukur elektabilitas 2 paslon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang dilakukan Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan (Puskep), Fisip Universitas Airlangga di 38 kabupaten / kota, menggunakan metode kuantitatif statistik, dengan 800 sample dan margin of error sebesar 2 persen.

Dari temuan survei, terkait perilaku pemilih masyarakat Jawa Timur oleh Puskep Fisip Unair diketahui tingkat elektabilitas paslon Saifullah Yusuf-Puti Guntur sebesar 47, 25 persen dan paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebesar 42, 25 persen. Sementara untuk tingkat popularitas calon gubernur Saifullah Yusuf mendapat 97,6 persen dan tingkat popularitas Khofifah Indar Parawansa sebesar 90,1 persen.

Menurut Direktur Puskep Fisip Unair, Putu Aditya, dengan hasil survei ini kedua pasangan calon masih belum aman dan masih berpotensi untuk saling mengungguli. Namun, survei ini dipastikan masih relevan untuk satu bulan mendatang.

Dalam survei ini, Puskep Fisip Unair juga meneliti dari aspek geografis, dimana untuk pemilih Gus Ipul diketahui terkonsentrasi di kawasan Surabaya, Malang Raya, Tapal Kuda ke arah timur, serta Matraman kawasan Barat Jatim. Sedangkan untuk pendukung Khofifah-Emil lebih banyak berada di Matraman pesisir seperti Tuban, Lamongan, Gresik dan sebesar 55,9 berasal dari Madura.(end)




Berita Terkait


Hasil Surver Puskep Sebut Paslon Nomer Urut 2 Unggul Tipis Dari Paslon Nomer 1

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua