Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Penyandang Tuna Netra Gelar Tadarus Al Quran Huruf Braille
Rabu, 30-05-2018 | 21:30 wib
Oleh : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Memiliki keterbatasan fisik tidak membuat niat beribadah para penyandang tuna netra surut. Semangat itu mereka tunjukkan dengan membaca Al Quran menggunakan huruf braile, sembari menanti waktu berbuka puasa.

Kegiatan penyandang tuna netra mereka lakukan di Masjid An Nur komplek rehabilitasi Bina Netra Kota Malang. Tadarus Al Quran berbeda dengan orang normal. Para penyandang tuna netra ini menggunakan Al Quran dengan huruf braile. Lantunan ayat ayat suci mereka ucapkan sembari meraba Al Quran braile tersebut.

M. Jamaludin salah satu penyandang tuna netra mengaku, peserta tadarus ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk fasih dalam membaca Al Quran braile. "Memiliki kendala seperti tanda baca yang berbeda dengan Al Quran pada biasanya," kata M. Jamaludin.

Dalam bulan ramadhan ini, membaca alquran sebanyak tiga kali dalam sehari. Mereka biasanya membaca saat berada di asrama, sambil menanti berbuka puasa dan setelah sholat tarawih.

Sementara itu, menurut pembina agama Islam di panti rehabilitasi bina netra Yani Sueswantoro, proses pembelajaran diikuti oleh siswa tingkat akhir kelas kejuruan, yang sudah memiliki kemampuan menggunakan huruf braile. "Kami menargetkan selama 8 bulan hingga 1 tahun, para siswa sudah bisa lancar dalam membaca Al Quran braile," kata Yani.

Yani menambahkan, tadarus seperti ini rutin dilakukan setiap hari selama bulan ramadhan. Menargetkan pada tahun ini bisa khatam, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. (pul)



Berita Terkait


Gadis Penderita Tuna Netra Hafidz Al-Quran

Penyandang Tuna Netra Dengan Segudang Prestasi

Hafidz Tuna Netra Hafal 30 Juz Diwisuda

Penyandang Tuna Netra Gelar Tadarus Al Quran Huruf Braille


Siswi SMP Ciptakan Rompi Navigasi Penyandang Tuna Netra

Penyandang Tuna Netra Gelar Tadarus Al Quran Huruf Braille

Children of Light Konser Anak Tuna Netra Peringati Hari Pendidikan

Semangat Penyandang Tuna Netra Ikuti Unas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber