Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Pemantauan Kualitas Udara di Titik Perbaikan Jalan Nasional
Rabu, 30-05-2018 | 13:03 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Petugas Labolatorium Poltek Kesehatan Depkes Surabaya, melakukan pemantauan kualitas udara di jalan Raya Ngawi-Solo. Petugas mengambil sampel udara setiap titik proyek, untuk mengukur tingkat polusi.

Kegiatan ini untuk mempersiapkan sarana prasarana pendukung arus mudik lebaran. Selain melakukan perbaikan jalur nasional, yang melintasi Kabupaten Ngawi. Salah satu lokasinya, di Desa Kecamatan Paron Ngawi, yang jalannya rusak parah karena bergelombang. Proyek ini, juga menimbulkan dampak terhadap lingkungan, mulai dari polusi suara hingga polusi udara.

Menurut Heri Kuswantoro tim pemantau kualitas udara, pihaknya sengaja membawa sejumlah alat canggih untuk mengambil udara yang kotor oleh debu. "Kami juga mememeriksa suhu lingkungan dan  kelembaban udara, serta partikel beracun, diantaranya  sulfur dioksida , nitrogen oksida,  dan ammonia," kata Heri.

Sebab jika terhirup nafas, bahan pencemar udara tersebut, sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Setiap titik proyek perbaikan jalan diambil sampel udara dari tiga lokasi, yaitu dua ujung dan tengah. 

Sampel udara dari lapangan, selanjutnya akan diuji labolatorium, untuk diketahui tingkat polusi udara. Hasil dari pemantauan akan dilaporkan kepada pemerintah. (pul)

Berita Terkait


Polisi Pantau Jalur Mudik, Pengecekan Sejumlah Titik Rawan Laka

Pemantauan Kualitas Udara di Titik Perbaikan Jalan Nasional

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua