Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, melakukan uji coba sistem informasi perhitungan yang rencananya akan di gunakan dalam pemilu 2019 mendatang. Foto: Rafli Firmasnsyah
KPU Kota Batu Uji Coba System Informasi Perhitungan Cepat
Rabu, 30-05-2018 | 07:17 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, melakukan uji coba sistem informasi perhitungan yang rencananya akan di gunakan dalam pemilu 2019 mendatang. Hal ini di lakukan tidak hanya KPU kota Batu, namun juga dilakukan KPU lain di seluruh Indonesia secara serentak.

Uji coba Sistem Informasi Perhitungan (Situng) diawali dengan mengunduh aplikasi scan C.1.E, rekapitulasi dan form rekapitulasi yang terbaru di portal sidarlih,dilakukan para staf KPU di ruangannya.

Kemudian dibantu operator aplikasi situng dengan membuat isian formulir C-1 dan lampiran dengan mengambil sample dari 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang tersebar di 10 desa yang berada di daerahnya.

Namun, kendala muncul dalam proses uji coba ini. Salah satunya proses pindai atau scan yang tiba-tiba aplikasinya menutup, sehingga mengganggu tahapan scan dan kirim data.

Komisioner KPU Ervanudin menjelaskan, kendala uji coba tersebut akan dikomunikasikan kepada KPU RI, untuk mendapatkan perhatian khusus agar diperbaiki.

"Sehingga permudahan proses pindai akan diterapkan dalam pemungutan suara, sampai sejauh kendala yang yang muncul lebih cenderung pada bandwide yang sering terjadi down," jelas Ervanudin.

Sementera terkait sistem informasi perhitungan memiliki kelebihan yaitu, bisa mempercepat pemasukan data dan penghitungan dalam pemungutan suara. (yos)

Berita Terkait


KPU Melakukan Rekapitulasi DPT di Jatim Berjumlah 31 Juta

Jumlah DPT HP 2 KPU Kota Pasuruan Meningkat Sebanyak 3.478 Pemilih

KPU Magetan Terima 12 Ribu Kotak Suara Kardus

Pleno DPT HP 2, Ada Tambahan 264 Pemilih


KPU Madiun Berikan Kursus Kepemiluan Bagi 81 Warga

Tekan Golput, KPU Jombang Dekati Disabilitas

Gelar Pertemuan Dengan Jurnalis, KPU Berharap Media Ikut Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2019

Berbahan Kardus, KPU Yakin Kotak Suara Aman
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber