Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Ada Kuman Mengincar Mainan Bebek Karet
Selasa, 29-05-2018 | 14:14 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Bebek karet menjadi mainan kesukaan anak-anak pada saat mereka mandi. Namun tahukah Anda? Sobat karet ini mungkin tidak begitu bersih loh.

Mainan menggemaskan ini sebenarnya bisa menjadi pusat bagi kuman berlendir, menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal NPJ Biofilms and Microbiomes.

Para peneliti Swiss dan Amerika menguji 19 mainan mandi yang berbeda dan semuanya "mengungkapkan biofilm yang terkenal" - atau lapisan tipis bakteri - di permukaan dalamnya.

"Mainan ini biasanya digunakan oleh anak-anak, yang merupakan pengguna yang berpotensi sensitif dan rentan. Memainkan mereka saat anak Anda tengah mandi dengan potongan biofilm ke wajah mereka bisa menyebabkan mata, telinga, luka atau bahkan infeksi saluran pencernaan," tulis para peneliti.

Studi ini menunjukkan kombinasi air mandi yang sering terkontaminasi dengan cairan tubuh manusia (seperti urin), produk perawatan dan kotoran lainnya - dan "bahan plastik fleksibel" itu membuat bebek karet menjadi surga kutu.

"Untuk menempatkan hal-hal sedikit ke dalam perspektif, Anda dan saya dan setiap manusia lainnya di planet ini hidup di dunia germy," kata seorang spesialis penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center, William Schaffner, seperti dilansir laman Today.

Philip Tierno, profesor mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine dan penulis "The Secret Life of Germs," ??mengungkapkan sentimen serupa.

"Anda tidak akan terkejut jika Anda menemukan mikroba yang menghuni benda-benda seperti mainan," kata Tierno.

"Jelas ada beberapa yang patogen dan di situlah kekebalan kita masuk sehingga kita bisa melindungi diri kita sendiri," tambah Tierno.

Namun, bagi orang tua yang ingin mengambil tindakan pencegahan, Tierno menyarankan agar menggunakan mainan tanpa air masuk ke dalamnya.

Tierno merekomendasikan solusi sederhana, yakni dengan membeli bebek karet dengan bagian bawah yang disegel.

Mereka tidak memiliki pembukaan, mereka tidak bersiul, mereka tidak diperas, mereka lembut dan suka diemong, tetapi mereka tidak akan menghirup cairan di dalamnya di mana Anda tidak bisa membersihkannya.

Schaffner mengatakan cara mudah untuk menghindari perkembangbiakan kuman yang berbahaya adalah dengan memisahkan mainan dari air setelah mandi.

Jika Anda benar-benar ingin mengambil langkah ekstra dan membersihkan mainan, kedua ahli mengatakan Anda bisa.

Schaffner mengatakan, untuk mencoba obat kumur dengan antibakteri. Sedangkan, Tierno merekomendasikan "secara mekanis" membersihkan mainan dengan sikat.(fny/jpnn/pul)

Berita Terkait


Lembutnya Tekstur Daging Bebek Muda, Ala Kayu Tangan

Ada Kuman Mengincar Mainan Bebek Karet

Anomali Cuaca, Peternak Bebek Petelur Terpuruk

Ini Dia 6 Warung Bebek Goreng Paling Recommended di Surabaya


Ada Kuman Mengincar Mainan Bebek Karet

Nikmati Bebek Dengan Berkobar Semangat

Inilah Khas Suroboyo, Kuliner Bebek Nungging

Usaha Seret, Peternak Bebek Curi Laptop dan HP Mahasiswa
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber