Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Mobil Mainan Bertenaga Matahari Bisa Dibuat Charger
Selasa, 29-05-2018 | 06:21 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Karya siswa siswi Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah I Taman Sidoarjo patut diacungi jempol. Pasalnya, Alvin dan Eva yang masih duduk di bangku sekolah kelas 10, bisa membuat prakarya mobil mainan bertenaga matahari dan bisa melakukan pengisian tenaga batere pada telepon selular. Hebatnya lagi, mereka menyabet juara III Teknologi tingkat Jawa Timur.

Inovasi dua siswa SMA Muhammadiyah I Taman (Smamita) Sidoarjo patut dibanggakan. Mereka adalah Alvin Kusuma dan Eva Avicenna S, kelas 10 IPA I ini berhasil menciptakan mobil mainan yang bertenaga  sinar matahari atau solar cell.

Mobil mainan  ini juga behasil meraih prestasi juara III  Bicom (Biologi Innovation Competition) 2018 di Surabaya. Selain itu, kreasi mobil yang digarap selama 1 bulan dengan menggunakan sebagian bahan bekas tersebut, juga bisa difungsikan untuk power bank.

Eva Avicenna mengaku, penambahan fungsi power bank ini sangat menarik, karena banyak teman yang selalu membutuhkan power bank untuk mengisi ulang tenaga telepon selular mereka.

Erna Mufidah, selaku guru pembimbingnya mengaku kalau mobil mainan ini masih perlu penyempurnaan lagi, di antaranya dalam pengisian baterai ponsel masih sangat kurang maksimal. "Baru bisa mengisi hanya sekitar 15 persen saja. Ke depannya harus bisa mengisi tenaga telepon selular sampai dengan 100 persen," tutur Erna Mufidah, guru pembimbing.

Sebelumnya, kedua siswa siswi ini juga pernah menyabet  juara ketiga lomba KIR (karya ilmiyah remaja) dengan tema Karya Cerdas Kreatif dan Inovatif Untuk Menjaga Lingkungan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya pada awal Mei 2018 lalu.(end)

Berita Terkait


Mobil Mainan Bertenaga Matahari Bisa Dibuat Charger

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber