Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Rapat Koordinasi Tokoh Agama dan Lintas Sektoral Terkait Teror Bom
Jum'at, 18-05-2018 | 00:10 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Surabaya pojokpitu.com, Adanya ledakan bom di Jawa Timur, tokoh agama dan lintas sektoral, sore tadi melakukan pertemuan di kantor Kementrian Agama Propinsi Jawa Timur. Kepala Kemenag Jatim mengundang beberapa pihak, di antaranya Ketua MUI Jatim, tokoh akademisi, Polri, TNI dan tokoh agama lainnya, serta pimpinan redaksi dari berbagai media.

Peristiwa ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo ini dipandang perlu disikapi oleh beberapa pihak, terutama tokoh agama di tingkat sektoral, agar peristiwa ini tidak membiaskan perselisihan antara umat beragama akibat aksi pelaku bom bunuh diri yang menamakan diri aksi jihad.  

Kepala Kementrian Agama Jawa Timur, Samsul Bahri, menyampaikan jihad dalam agama Islam dengan cara bom bunuh diri sangat diharamkan dan tidak ada dalam ajaran Islam cara-cara bunuh diri seperti aksi para teroris yang menewaskan orang-orang yang tidak berdosa.

"Anak-anak para pelaku bom bunuh diri pun dilibatkan dalam aksi bunuh diri, adalah ajaran sesat yang sengaja ingin merusak hubungan umat beragama," tutur Samsul Bahri.  
 

Para tokoh agama dan beberapa pihak tidak menginginkan hal itu terulang kembali di negeri ini. "Mudah-mudahan undang-undang tentang terorisme segera disahkan, agar tidak menjadi bumerang bagi masyarakat," tambahnya.    

Pendeta Karunia mengatakan, dirinya tidak setuju dengan aksi teror yang terjadi di beberapa gereja. Sebenarnya umat kristiani cukup trauma dengan kejadian ledakan bom kemarin, tetapi harus dilawan. Pihaknya sangat menyesalkan  pengeboman di gereja, padahal dirinya tidak bersalah dan tidak pernah mengganggu mereka.
     

Selain itu, sejumlah tokoh akademisi menilai setiap siswa dan mahasiwa perlu mendapat pendidikan yang mengandung nilai-nilai Pancasila dan pendidikan karakter bangsa, agar tidak mudah terkena hasutan dari orang lain.(end)

Berita Terkait


Kemensos Serahkan Bantuan Korban Bom Teroris

Rapat Koordinasi Tokoh Agama dan Lintas Sektoral Terkait Teror Bom

Jenguk Korban, Kapolda Jatim Beri Semangat Korban Bom Teroris

Tim Gabungan TNI-Polri Jaga Ketat Gereja

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber