Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Petugas pemadam dari kapal tugboat milik pertamina dan 5 PMK Pemkab Banyuwangi, berjibaku dengan api selama 4 jam lebih. Foto: Iqbal Mustika
Berjibaku 4 Jam Lebih, Kebakaran KM Labitra Akhirnya Bisa Dipadamkan
Kamis, 17-05-2018 | 20:00 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Api yang membakar KMP labitra adinda berhasil dipadamkan. Petugas pemadam dari kapal tugboat milik pertamina dan 5 PMK Pemkab Banyuwangi, berjibaku dengan api selama 4 jam lebih.


Kapal labhitra adinda yang terbakar ini merupakan milik PT. Karya Maritim Indonesia, yang telah dikemudikan oleh Singgih Ariono. Kapal itu membawa 15 orang ABK, 25 orang penumpang, serta ada kendaraan roda 2 dan 4.

Kasatpolairud Polres Banyuwangi AKP Subandi yang memimpin evakuasi tersebut, saat itu kondisi ombak diselat bali sangat besar. Proses evakuasi yang dilakukan oleh tim gabungan antara Polairud dan Basarnas,sempat memakan waktu yang cukup lama. Hingga pada akhirnya, petugas bisa mengeluarkan para penumpang dari dek samping kapal.

"Api pertama kali keluar dari mesin kapal bagian belakang, yang diketahui pertama kali oleh kru kapal ketika kapal sedang menunggu antrean bersandar di pelabuhan lcm Ketapang," ujar AKP Subandi.

Saat api muncul, posisi kapal masih di laut, berada 200 meter dari bibir pantai. Penumpang kemudian dievakuasi, menggunakan KMP Karya Maritim II, sementara kru kapal dievakuasi menggunakan perahu karet milik basarnas dan polair.

KMP labitra adinda yang masih dalam keadaan terbakar, kemudian ditarik ke pinggir pantai bulusan, yang berjalan satu kilometer dari pelabuhan lcm Ketapang.

Setelah berhasil mengevakuasi para penumpang, selanjutnya petugas pemadam kebakaran menyemprot air ke titik api dari laut dan darat. Sementara itu, tugboat memadamkan api dari laut dan pmk berjumlah 5 memadamkan api dari pinggir.

Pemadaman sempat terganggu lantaran angin, di kawasan laut Bali tersebut sangat kencang. Maka dari itu, petugas sempat kuwalahan dan akhirnya lebih dari 4 jam api berhasil dipadamkan.

Kasatpolairud Polres Banyuwangi AKP Subandi menjelaskan, KMP labitra adinda ini berangkat dari pelabuhan Gilimanuk menuju pelabuhan Ketapang.

"Seluruh ABK berhasil diselamatkan tim gabungan dari Basarnas, Polairud Banyuwangi dan TNI,dipastikan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut," jelas AKP Subandi. (yos)





Berita Terkait


Tim Evakuasi Basarnas Temukan Jenasah Korban Kapal Terbakar

Penyisiran Basarnar ke Dalam Kapal Terkendala Kondisi Yang Masih Panas

Antisipasi Penjarahan, KPLP Tanjung Perak Rajin Patroli di Sekitar Bangkai Kapal

Jasa Raharja Beri Santunan Rp 20 Juta kepada Korban Luka - Luka


Kedatangan Jenazah Korban Kapal Terbakar Disambut Tangisan

Operasi SAR Cari Korban Kapal Terbakar Tetap Berlanjut

Ini Santunan untuk Korban Kapal Terbakar

5 Jenasah Korban Kapal Terbakar Tiba di Pelabuhan Tanjung Perak
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber