Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

DPR RI Temukan Pungli Tarif dan Armada Tidak Sesuai Trayek di Terminal Purabaya
Kamis, 17-05-2018 | 19:27 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Hari pertama Ramadan, Komisi V DPR RI melakukan sidak di Terminal Purabaya Surabaya. Dalam sidak itu, banyak ditemukan tarif penumpang tidak sesuai dengan tarif resmi. Tidak hanya itu terdapat armada yang jalan tidak sesuai dengan trayek. Menyikapi temuan itu Komisi V langsung menindaklanjuti dengan melapor ke Kemenhub.

Komisi V DPR RI menemukan pungli yang berkedok legal di Terminal Purabaya Surabaya. Pungli tersebut terlihat pada pemberlakuan tarif bus di terminal terbesar di Jatim tersebut.

Bambang Haryo anggota Komisi V DPR RI, menuturkan, terdapat tarif yang diberlakukan untuk turis di pusat informasi terminal diinformasikan kalau tarif bis ke Probolinggo sebesar Rp 20 ribu dan yang diberlakukan pada masyarakat lokal Rp 18 ribu, Sedangkan tarif secara resmi untuk tarif batas bawah harganya Rp 9.500 dan batas atas Rp 15.500, temuan itu bentuk pungli yang dilegalkan.

"Saya juga menemukan adanya armada yang menaikan penumpang yang tidak sesuai dengan trayek yang dilewati dan itu sangat merugikan penumpang, akibatnya penumpang bisa dihentikan di tengah jalan dikarenakan tidak sesuai dengan tujuan awal," ungkap Politisi asal Partai Gerindra ini.

Bambang Haryo, menegaskan, selain berbagai temuan tersebut, juga banyak berbagai temuan lainnya seperti tidak adanya pelayanan kesehatan maupun ambulan dan tidak ada papan tarif yang dipampang di terminal, untuk itu pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melaporkan ke kemenhub, agar segera dilakukan evaluasi dan perbaikan pelayanan, apalagi sudah menjelang arus balik.

Sementara itu Harjo, kasub unit terminal purabaya, menuturkan LCD dari Pemprov jatim yang menayangkan tarif sudah siap, tapi belum dipasang karena ada renovasi.

Sedangkan maimun, salah satu penumpang yang terkena tarif lebih mahal berharap tarif yang diberlakukan tarif tetap, bukan tarif yang selalu mengalami kenaikan apalagi menjelang arus mudik. "kasihan masyarakat bawah sebagai penguna angkutan umum yang dirugikan," ujarnya.


Berita Terkait


DPR RI Temukan Pungli Tarif dan Armada Tidak Sesuai Trayek di Terminal Purabaya

DPR RI Temukan Pungli Tarif dan Armada Tidak Sesuai Trayek di Terminal Purabaya

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua