Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bantuan ini, sangat diharapkan di tengah krisis ekonomi, yang melanda kampung tersebut. Foto: Herpin Pranoto
Krisis Makan, Polisi Bagikan Sembako Untuk Keluarga Pembuat Arak
Kamis, 17-05-2018 | 09:30 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Ratusan warga Dusun Poncol Desa Kerek Kota Ngawi, rela antre demi mendapatkan sembako dari Polres Ngawi. Bantuan ini, sangat diharapkan di tengah krisis ekonomi, yang melanda kampung tersebut.

Pasca penutupan sentra produksi arak jowo, oleh Polres Ngawi, lebih 50 kepala keluarga menjadi pengangguran. Dampaknya, sekitar 200 anggota keluarganya mengalami kesulitan makan.  

Produksi  arak jowo secara tradisional, merupakan sumber penghasilan utama di kampung yang tandus tersebut. Berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda, mata pencaharian ini, kemudian dinyatakan ilegal, setelah Indonesia merdeka.

Demi bertahan hidup, mayoritas  keluarga  di Dusun Poncol, pernah tersangkut masalah hukum, karena memproduksi dan menjual arak jowo. Bahkan pasca penutupan oleh Polres Ngawi, sebagian warga masih nekad menjual arak jowo simpanan, sehingga tertangkap di Ponorogo.

Tindakan nekad tersebut, karena pasca produksi arak jowo ditutup, banyak warga kehilangan pekerjaan. Ironisnya,mereka juga kesulitan mencari dan berpindah pekerjaan baru.

AKBP Pranatal Hutajulu, Kapolres Ngawi, menejlaskan, untuk mengurangi penderitaan  ratusan warga, Polres Ngawi membagikan sembako dan memberikan pengobatan gratis. Tindakan ini hanya untuk  penanganan jangka pendek,

"Untuk jangka panjangm Polres Ngawi telah memberikan surat kepada Pemkab Ngawi, untuk lebih memperhatikan nasib warganya," jelas AKBP Pranatal Hutajulu.

Diharapkan semua pihak, baik kepolisian dan pemkab setempat, mencarikan solusi terbaik untuk menangani dampak sosial, penutupan sentra produksi arak jowo di Dusun Poncol Desa Kerek.

Tanpa adanya perhatian, tidak menutup kemungkinan warga nekad melanggar hukum kembali. Seperti yang telah dijalani selama  72 tahun sejak Indonesia merdeka. (yos)

Berita Terkait


Krisis Makan, Polisi Bagikan Sembako Untuk Keluarga Pembuat Arak

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber