Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Poniyem salah satu penjual bunga, ia memanfaatkan moment tersebut karena jumlah peziarah yang datang ke makam meningkat. Foto: Muhammad Zainurofi
Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan, Penjualan Bunga Meningkat
Rabu, 16-05-2018 | 17:12 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono,Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Tradisi nyekar atau berziarah ke makam anggota keluarga dan kerabat, menjelang bulan ramadhan. Memberikan keuntungan berlipat bagi penjual bunga di depan makam Kepanjen Kelurahan Tosaren Kota Kediri, mulai dipadati masyarakat.

Di area makam ini para peziarah membersihakn makam keluraganya, dan menabur bungan di atas pusara makam. Peziarah berkirim doa kepada keluarganya yang sudah meninggal, supaya dosa-dosa almarhum selama di hidup di dunia diampuni oleh tuhan yang maha esa.

Harjito salah satu peziarah mengaku, ia datang ke makam kepanjen ini bersama kelurga untuk berziarah kemakam Ayahnya,

"Hampir setiap tahun menjelang datangnya bulan ramdhan,kita sekeluarga datang kemakam untuk mendoakan almarhum ayah," jelas Harjito.

Moment ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk meraup untung, dengan berjualan bunga tabur di depan area makam. Jika dihari biasa hanya satu orang penjual, namun mendekati bulan ramadhan ini terdapat 9 penjual bunga yang menata daganganya di depan makam.

Diakui Poniyem salah satu penjual bunga, ia memanfaatkan moment tersebut karena jumlah peziarah yang datang ke makam meningkat, ia sudah 3 tahun berjualan bunga tabur mejelang ramadhan.

"Satu bungkus hunga tabur harganya Rp 3 ribu, terdiri dari bunga mawar merah, melati putih, kenanga dan kantil. Dalam sehari mampu menjual 60 hingga 100 bungkus bunga," ungkap Poniyem.

Diperkirakan, jumlah peziarah yang akan datang ke pemakaman Kepanjen ini, akan terus bertambah hingga masuk dibulan ramadhan. (yos)

Berita Terkait


Untuk Sementara, Tradisi Nyekar Bulan Suro Ditiadakan

Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan, Penjualan Bunga Meningkat

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber