Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Dewan Jatim Tegaskan Pemkot Surabaya Bisa Beri Bantuan Langsung SMA/SMK
Selasa, 15-05-2018 | 20:42 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Peralihan wewenang SMA/SMK dikelola Pemprov Jatim, harusnya tidak menjadi alasan untuk Pemkot tidak memberi bantuan kepada siswa SMA/SMK di Surabaya. Sahat Tua Simanjuntak, anggota DPRD Jatim, menuturkan, peralihan wewenang SMA/SMK dikelola Pemprov, bukan keinginan Pemprov sendiri.

"Bagi kabupaten/kota yang sejak awal memberlakukan SMA/SMK gratis seperti di Kota Surabaya, harusnya walaupun saat ini dikelola provinsi, program tersebut masih bisa diberlakukan dengan bantuan langsung by name by address kepada siswanya. Dengan begitu SMA/SMK gratis masih bisa diberlakukan," ungkap politisi yang duduk sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim ini.

Sahat menegaskan, tidak ada alasan yang menghalangi Pemkot jika memang ingin memberikan bantuan. Bahkan di aturan Mendagri juga ada pemberian bantuan langsung dengan cara by name by address kepada siswanya, sehingga tidak ada aturan yang menghalangi, jika Walikota Surabaya Tri Rismaharini ingin memberikan bantuan kepada siswa SMA/SMK.

"Saya pikir, kalau memang mau niat baik ya jangan setengah-setengah, apalagi siswa SMA/SMK di Surabaya juga masih anak-anaknya, hanya pengelolaannya beralih ke provinsi, tapi Bu Risma sebagai walikota masih bisa memberikan bantuan langsung kepada siswa SMA/SMK dan itu akan mampu meringankan beban siswanya," ungkap politisi yang duduk sebagai anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

Sahat menegaskan, saat ini Pemprov Jatim sudah menyiapkan skema untuk memberlakukan SMA/SMK gratis, tapi skemanya seperti apa masih disiapkan, karena juga harus menyesuaikan dengan kekuatan anggaran yang ada. Saat ini Pemprov Jatim sudah melakukan berbagai upaya dalam memberlakukan pemerataan SMA/SMK. Salah satunya menuntaskan permasalahan GTT yang jumlahnya sangat besar.

"Yang pasti DPRD jatim bersama Pemprov Jatim terus beruapnya melakukan yang terbaik dalam pengelolaan SMA/SMK," imbuh politisi asal Surabaya ini.(end)



Berita Terkait


Dewan Jatim Tegaskan Pemkot Surabaya Bisa Beri Bantuan Langsung SMA/SMK

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber