Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Adik kandung terpidana mati bom bali dua Amrozi ini, sudah mengantonggi identitas serta seluk beluk para pelaku. Foto: Harry Saktiono
Pengamat Terosrisme Yakini Pelaku Bom Surabaya Dari Kelompok JAD
Selasa, 15-05-2018 | 19:10 wib
Oleh : Harry Saktiono
Lamongan pojokpitu.com, Pengamat terorisme Ali Fauzi menyebut, pelaku peledakan bom di 3 gereja di Surabaya pada Minggu pagi, merupakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Indonesia pimpinan Aman Abdurahman. Saat ini Ia, ditahan di Rutan Cabang Salemba di Kompleks Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat.

Bahkan, Adik kandung terpidana mati bom bali dua Amrozi ini, sudah mengantonggi identitas serta seluk beluk para pelaku.

Ketua yayasan lingkar perdamaian Ali Fauzi  mengaku,  dirinya yakin seratus persen  para pelaku  berasal dari kelompok JAD, kelompok  yang terhubung dengan Islamic State In Irak and Syria (ISIS).

Mantan kombatan dan teroris ini menyebutkan, selain  3 gereja di Surabaya, pelaku pelaku bom bunuh diri di depan pintu gerbang Markas Polrestabes Surabaya, pada Senin pagi juga berasal dari  kelompok yang sama. 

"Dalam ajaran kelompok JAD terdapat proses radikalisasi, dimana dalam ajaran tersebut polisi  dan orang kafir halal darahnya. Dalam artian, kelompok ini mengajarkan, membunuh polisi dan menghabisi gereja serta orang diluar muslim  pahalanya sangat besar kepada pengikutnya," Ujar Ali Fauzi.

Seperti diketahui, 3 bom meledak secara beruntun di 3 gereja berbeda di Surabaya pada Minggu pagi. Yakni di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara, Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di Jalan Arjuna. 

Akibat ledakan bom-bom tersebut, sudah 13 orang tercatat meninggal dunia dan 41 orang terluka. (yos)




Berita Terkait


JAD Dibekukan Karena Terlibat Jaringan Teroris

Alumni Lemhanas Gelar Dialog Ngopi Kebangsaan

Densus 88 Juga Kejar Penyandang Dana

Ali Fauzi Sebut Ada Satu Warga Surabaya yang Berpengaruh Dari Aksi Dita


Indadari Kena Imbas Ledakan Bom Surabaya

Pemkot Surabaya Akan Bantu Korban Bom Surabaya

Korban Bom Surabaya Butuh Bantuan Pemulihan Psikologis

Doa Lintas Agama Untuk Peristiwa Bom Surabaya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber