Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Sekolah SMPM 18 Kreatif Surabaya tempat pelaku bom bunuh diri Yusuf Fadil dan Firman Halim mengenyam pendidikan. Foto Tika
Kakak Beradik Pengebom Gereja Dikenal Aktif di Sekolah
Senin, 14-05-2018 | 18:27 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Dua pelaku bom bunuh diri merupakan remaja laki-laki berusia 18 dan 16 tahun. Tercatat, keduanya merupakan siswa aktif di SMP Muhamadiyah 18 kreatif Surabaya.

Menurut Ari Sutikno, Kepala Sekolah SMPM 18 Kreatif Surabaya membenarkan, Firman Halim merupakan siswanya yang duduk di kelas 9. Sedangkan Yusuf Fadil adalah alumni dari SMPN 18 Kreatif Surabaya yang kini duduk di bangku kelas 11 SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.

Pihak sekolah mengakui selama ini tidak ada gelagat aneh yang ditunjukkan kedua kakak beradik itu. Sebab keduanya tercatat sebagai siswa aktif. Bahkan menjadi ketua OSIS di masa yang berbeda. "Firman bahkan pernah menjuarai perlombaan Tapak Suci di lingkungan Muhammadiyah Jatim, pada 2017 lalu," kata Ari.

Ari menolak kabar yang beredar, bahwa keduanya selalu menolak setiap diberikan pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Sebab dari nilainya, relatif standar. Keduanya hanya sama-sama kurang bisa dalam pelajaran Matematika dan sering mengikuti Remedi. Pihak sekolah juga tidak pernah mendapati Firman izin sekolah dalam waktu lama.

Seperti yang diberitakan, jika sekeluarga pengebom bunuh diri sempat ke syuriah untuk training. Hanya saja kedua orang tua Firman dan Fadil memang jarang ke sekolah, dan hanya datang saat pengambilan rapor.

Keterlibatan keduanya sontak membuat para guru kaget. apalagi pada Senin sampai Rabu lalu, Firman mengikuti perpisahan kelas dengan pergi ke Bromo bersama 11 rekan sekelasnya.

Adanya insiden ini, pihak sekolah rencananya akan memberikan pendampingan terhadap siswa lain agar tidak khawatir dan gelisah. Sebab, saat ini mulai banyak wali murid yang menanyakan perihal keterlibatan temannya.

Yusuf Fadil dan Firman Halim merupakan tersangka kasus bom bunuh diri di Gereja Santa Maria Tak Bercelah Ngagel. Keduanya meledakkan diri dengan memangku bom. (pul)



Berita Terkait


Mengenang 1 Tahun Bom Surabaya Deklarasi Lawan Teroris

Rumah Pelaku Bom Surabaya, Dita Oepriarto Masih Utuh

Cerita Ari Setiawan, Korban Selamat Ledakan Bom Gereja di Surabaya

Jemaat Gereja Santa Maria Tak Bercela Maknai Sebagai Peristiwa Iman


Siap Perangi Teroris, Dubes Inggris Tinjau Lokasi Bom Surabaya

Ini Kata Aman Abdurrahamn soal Bom Surabaya

Begini Upaya Mall Mengundang Pengunjung Pasca Ledakan Bom Surabaya

Indadari Kena Imbas Ledakan Bom Surabaya

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber