Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Mahasiswa dari Luar Negeri Belajar Anyaman Bambu di Banyuwangi
Selasa, 08-05-2018 | 20:17 wib
Oleh : Handoko Kusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Pembukaan Festival Kerajinan Bambu 2018 di Banyuwangi, mahasiswa dari luar negeri diajari, bagaimana menganyam bambu dengan benar. Diharapkan, para mahasiswa asing dapat mengenalkan kerajinan bambu Banyuwangi di negara asal masing-masing.

Hari pertama pembukaan Festival Kerajinan Bambu 2018, mahasiswa dari berbagai negara diajari, bagaimana menganyam kerajinan bambu dengan benar. Mereka pun terlihat kesulitan dalam menata maupun menganyam bambu, sebagai bahan dasar kerajinan bambu.
 
Disaksikan  oleh Bupati Banyuwangi, mereka bersaing dengan pengrajin bambu lansia asal desa setempat. Hasilnya, para mahasiswa masih kalah mahir dalam mengayam kerajinan bambu tersebut.
 
Menurut Atshu, salah satu mahasiswi di Indonesia asal Australia, menganyam bambu itu merupakan hal yang sulit-sulit gampang. Namun ada sisi menariknya, lantaran di negara asalnya tidak ada kerajinan seperti ini.
 
Tak hanya bagaimana cara menganyam bambu dengan benar, dalam Festival Kerajinan Bambu 2018, wisatawan yang hadir  disambut dengan alunan musik tradisional  dari bambu.
 
Bupati Banyuwangi pun terkagum-kagum dengan festival kerajinan  bambu di Desa Gintangan. Usai membuka festival ini orang nomer satu di Kota Gandrung tersebut mengatakan, hasil dari kegiatan ini diharapkan keahlian masyarakat Desa Gintangan dalam membuat kerajinan bambu terus tumbuh. Tak hanya itu, gairah anak-anak untuk membuat kerajinan bambu juga terus muncul usai digelarnya festival ini.
 
Sementara itu, dalam Festival Kerajinan Bambu 2018, juga dipamerkan berbagai kostum mahakarya pengrajin bambu desa setempat  yang berbahan dasar bambu.(end)
 

 



Berita Terkait


Mahasiswa dari Luar Negeri Belajar Anyaman Bambu di Banyuwangi

Pengrajin Anyaman Bambu Terancam Punah

Nenek Kuat Pembuat Anyaman Bambu


Kasihan.. Banyak Pengrajin Anyaman Bambu Terjerat Bank Titil
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber