Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Sebuah tradisi temanten tebu , layaknya pengantin khas Madura , digelar oleh petani tebu Kabupaten Situbondo. Sepuluh tebu terpilih di arak keliling menuju pabrik gula PG Wringin Anom untuk nantinya digiling. Foto Andi
Menjelang Musin Giling, Petani Gelar Tradisi Mantenan Tebu
Senin, 07-05-2018 | 23:26 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Berita Video : Menjelang Musin Giling, Petani Gelar Tradisi Mantenan Tebu
Situbondo pojokpitu.com, Tradisi nenek moyang yang masih terus dilestarikan oleh warga Situbondo hingga saat ini. Istilahnya Temanten Tebu. Dengan berpakaian adat Cakra Madura, acara digelar oleh para pemuka petani tebu bersama sejumlah petinggi Pabrik Gula Wringin Anom , Situbondo.

Berbekal celurit panjang yang sudah diberi doa selama 7 hari 7 malam, warga bergegas memilih sepuluh tebu kualitas super. Sebagai pasangan pengantin, satu persatu tebu di potong.

Saat bersamaan sesepuh petani berdoa di depan kuali berisi bunga 7 rupa dan kemenyan. Mereka pun mengumpulkan 10 tebu untuk di daulat menjadi sepasang pengantin .

Selanjutnya satu persatu tebu dimandikan dengan bunga 7 rupa dan dinaikan ke kendaraan yang membawanya ke pabrik gula. Sepuluh sepasang tebu terpilih ini, diarak sebagai pengantin menggunakan tradisi macan macanan layaknya pengantin manusia .

Menurut Tanuki Darma Deki , GM Pabrik Gula Wringin Anom Situbondo, oleh warga setempat tradisi temantenan tebu di yakini bisa menolak bala musibah. Sebab dulu sering menimpa pekerja saat proses penggilingan tebu. Selain itu juga sebagai harapan agar giling tebu berkah dengan hasil yang melimpah .

Pada tahun lalu, PG Wringin Anom bisa menghasilkan 4.500 ton gula, dan di tahun giling awal tahun 2018 ini, Pabrik Gula Wringin Anom ditargetkan dapat menghasilkan 6.000 ton gula. (pul)

Berita Terkait


Menjelang Musin Giling, Petani Gelar Tradisi Mantenan Tebu

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua